Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs

Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs adalah bagian dari salah satu sarana yang penting dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs




Untuk para Guru telah disediakan buku panduan untuk memudahkan pelakasanaan pembelajaran dikelas. Sehingga hasil pembelajaran bisa diharapkan semaksimal mungkin.

Pemerintah telah menyiapkan buku Al-Quran Hadis untuk Guru ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.

Fungsi Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru

Keberadaan buku Al-Quran Hadis untuk Guru ini memiliki fungsi yang sangat banyak, tentunya untuk memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Diantara Fungsi Buku Al-Quran Hadis untuk guru ini adalah sebagai petunjuk dalam menggunakan buku siswa, sehingga tidak keliru dalam memilih materi dan menentukan lama waktu yang diperlukan.

Sebelum menggunakannya, para guru perlu memahami terlebih dahulu berbagai informasi yang disampaikan didalam Buku Al-Quran Hadis untuk Guru. Diantara informasi dalam buku Guru itu adalah sebagai berikut;
  • Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran untuk mata pelajaran Al-Quran Hadis.
  • Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Al-Quran Hadis untuk Siswa.
  • Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran Al-Quran Hadis di dalalm kelas

Selain Sebagai petunjuk penggunaan buku siswa, juga diarahkan dengan buku Al-Quran Hadis untuk guru ini, agar sebelum memulai proses pembelajaran Guru memahami tujuan ajar dari materi yang akan disampaikan.

Intinya fungsi buku Al-Quran Hadis untuk guru ini adalah sebagai berikut;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.

Selebihnya adalah penjelasan mengenaai metode dan tehnikk yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran nantinya, sekalipun itu hanya merupakan tawaran baggi para Guru.

Karakteristik Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru

Seperti sudah disampaikan pada bagian awal postingan ini bahwa buku Guru merupakan salah satu sarana untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Dalam rancangannya Kurikulum 2013 memiliki karakteristik sebagai berikut;
  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan. 
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar bagi siswa. 
  • Memberi waktu yang cukup leluasa bagi guru untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi Inti dengan merinci pengembangannya dalam Kompetensi Dasar sesuai dengan mata pelajaran.
  • Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai Kompetensi Inti.

Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.

Fungsi Buku Al-Quran Hadis Untuk Siswa

Seperti halnya buku Guru, buku Siswapun memiliki fungsinya tersendiri yaitu sebagai panduan aktivitas pembelajaran peserta didik untuk memudahkan mereka menguasai kompetensi yang telah ditentukan.

Selain itu fungsi buku Al-Quran Hadis untuk Siswa ini lebih merupakan sarana untuk memancing aktivitas mereka dalam melaksanakan setiap proses pembelajaran didalam kelas.

Dalam rancangannya buku Al-Quran Hadis untuk Siswa ini dilengkapi dengan lembaran yang berisi contoh-contoh materi pembelajaran. Dengan begitu setiap Siswa bisa belajar sesuai dengan relevansi yang disampaikan dalam sebuah mata pelajaran.

Baca Juga : Sekolah Libur Sementara, Siswa Belajar Di Rumah

Setiap komponen kegiatan pembelajaran (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mendiskusikan) disusun dalam buku Siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan lingkungannya.

Materi yang terdapat Dalam Buku Al-Quran Hadis untuk Siswa kelas 7 MTs Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbagi ke dalam beberapa bab sesuai dengan yang telah ditentukan oleh pemerintah

    Download Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru dan Buku Siswa Kelas 7 MTs K13 Edisi Revisi 2018

    BUKU Al-Quran Hadis UNTUK GURU KELAS 7 MTs KURIKULUM 2013 (Download)
    Berikut ini adalah penampakannya!😇



      BUKU Al-Quran Hadis UNTUK SISWA KELAS 7 MTs KURIKULUM 2013 (Download)
      Dibawah ini adalah penampakannya!



      Demikian Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs Kurikulum 13 ini kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dalam membantu memudahkan para guru dalam melakukan pembelajaran.

      Baca juga ;
      Bila bermanfaat Silahkan bagikan informasi ini kepada rekan kerja atau kerabat Anda yang berprofesi sesuai dengan tujuan keveradaan buku ini.
      Asep Rois
      Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

      Posting Komentar untuk "Buku Al-Quran Hadis Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs"

      Silahkan Berlangganan Via Email