Buku Bahasa Arab Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs

Buku Bahasa Arab Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs adalah bagian dari salah satu sarana yang penting dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Buku Bahasa Arab Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs




Untuk para Guru telah disediakan buku panduan untuk memudahkan pelakasanaan pembelajaran dikelas. Sehingga hasil pembelajaran bisa diharapkan semaksimal mungkin.

Pemerintah telah menyiapkan buku Bahasa Arab untuk Guru ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru.

Fungsi Buku Guru

Keberadaan buku bahasa Arab untuk Guru ini memiliki fungsi yang sangat banyak, tentunya untuk memberikan kemudahan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Diantara Fungsi Buku Bahasa Arab untuk guru ini adalah sebagai petunjuk dalam menggunakan buku siswa, sehingga tidak keliru dalam memilih materi dan menentukan lama waktu yang diperlukan.

Sebelum menggunakannya, para guru perlu memahami terlebih dahulu berbagai informasi yang disampaikan didalam Buku Bahasa Arab untuk Guru. Diantara informasi dalam buku Guru itu adalah sebagai berikut;
  • Karakteristik Kurikulum 2013, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Arab.
  • Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Bahasa Arab untuk Siswa.
  • Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di dalalm kelas

Selain Sebagai petunjuk penggunaan buku siswa, juga diarahkan dengan buku bahasa Arab untuk guru ini, agar sebelum memulai proses pembelajaran Guru memahami tujuan ajar dari materi yang akan disampaikan.

Intinya fungsi buku bahasa Arab untuk guru ini adalah sebagai berikut;
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.

Selebihnya adalah penjelasan mengenai metode dan tehnik yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran nantinya, sekalipun itu hanya merupakan tawaran bagi para Guru.

Karakteristik Buku Guru

Seperti sudah disampaikan pada bagian awal postingan ini bahwa buku Guru merupakan salah satu sarana untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Dalam rancangannya Kurikulum 2013 memiliki karakteristik sebagai berikut;
  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan. 
  • Menempatkan sekolah sebagai bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar bagi siswa. 
  • Memberi waktu yang cukup leluasa bagi guru untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  • Mengembangkan kompetensi Inti dengan merinci pengembangannya dalam Kompetensi Dasar sesuai dengan mata pelajaran.
  • Kompetensi Dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai Kompetensi Inti.

Di dalam Buku Guru juga diinformasikan mengenai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran terkait.

Fungsi Buku Bahasa Arab Untuk Siswa

Seperti halnya buku Guru, buku Siswapun memiliki fungsinya tersendiri yaitu sebagai panduan aktivitas pembelajaran peserta didik untuk memudahkan mereka menguasai kompetensi yang telah ditentukan.

Selain itu fungsi buku Bahasa Arab untuk Siswa ini lebih merupakan sarana untuk memancing aktivitas mereka dalam melaksanakan setiap proses pembelajaran didalam kelas.

Dalam rancangannya buku bahasa Arab untuk Siswa ini dilengkapi dengan lembaran yang berisi contoh-contoh materi pembelajaran (seperti kosa kata dan kalimat pendek). Dengan begitu setiap Siswa bisa belajar sesuai dengan relevansi yang disampaikan dalam sebuah mata pelajaran.

Baca Juga : Sekolah Libur Sementara, Siswa Belajar Di Rumah

Setiap komponen kegiatan pembelajaran (mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mendiskusikan) disusun dalam buku Siswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan lingkungannya.

Materi yang terdapat Dalam Buku Bahasa Arab untuk Siswa kelas 7 MTs Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 terbagi ke dalam empat bagian, yaitu.
  1. Istima' / kemampuan menangkap bunyi atau makna kata
  2. Kalam / kemampuan mengungkapkan kalimat dalam bentuk perkataan
  3. Qiroah / kemampuan menelaah bahasa dalam bentuk tulisan
  4. Kitabah / kemampuan menuliskan huruf secara tepat atau menuliskan kalimat dalam imla dll

Download Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 MTs K13 Edisi Revisi 2018

BUKU BAHASA ARAB UNTUK GURU KELAS 7 MTs KURIKULUM 2013 (Download)
Berikut ini adalah penampakannya!😇



    BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA KELAS 7 MTs KURIKULUM 2013 (Download)
    Dibawah ini adalah penampakannya!



    Demikian Buku Bahasa Arab Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs Kurikulum 13 ini kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dalam membantu memudahkan para guru dalam melakukan pembelajaran.

    Baca juga ;
    Download Contoh RPP Satu Lembar
    Buku Guru dan Siswa Kelas 1 SD/MI K-13
    Surat Edaran Tentang Pencegahan VIrus Corona Di sekolah
    Asep Rois
    Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

    Posting Komentar untuk "Buku Bahasa Arab Untuk Guru Dan Siswa Kelas 7 MTs"