Download Contoh RPP 1 Lembar Program Merdeka Belajar

Download Contoh RPP 1 Lembar Program Merdeka Belajar, Download dokumennya akan disajikan setelah penjelasan dibawah ini.

Contoh RPP 1 Lembar Program Merdeka Belajar

Ibu dan Bapak rekan guru yang terhormat tentunya kita sudah mengetahui tentang perubahan undang-undang mengenai penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pelajaran (RPP). Dimana dari 13 komponen yang sebelumnya wajib dicantumkan, maka dalam peraturan yang baru hanya mewajibkan 3 komponen saja.

Adapun ke 3 komponen itu adalah Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Assesment atau penilaian. Sementara untuk sisanya menjadi sunnah guru dalam mencantumkannya, karena yang sisa itu bersipat pelengkap.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kebebasan kepada para guru untuk mengembangkan dan berinovasi dalam melakukan pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran akan berlangsung penuh kearifan, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Bila Ibu/Bapak rekan guru belum membaca surat edaran tentang penyederhanaan RPP ini, maka silahkan untuk mendownloadnya disini.

Padahal pada kenyataannya tidak sesimpel itu, dalam surat edaran dari mendikbud ada beberapa point yang disampaikan, yaitu;

  1. Penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.
  2. Dari 13 komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assesment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan sisanya hanya sebagai pelengkap.
  3. Sekolah, Kelompok Guru Mata Pelajaran dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru/Musyawarah Guru Mata Pelajaran (KKG/MGMP) dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya keberhasilan belajar siswa.
  4. Adapun RPP yang sudah telanjur dibuat dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana maksud pada angka 1, 2, dan 3.

Dalam Surat Edaran tersebut, juga dijelaskan tentang beberapa daftar tanya jawab (seperti Frequently Asked Question atau FAQ kalau di program-program aplikasi) terkait dengan RPP sederhana ini.

Mari sejenak kita cermati ulasan berikut ini!

Apa yang menjadi pertimbangan dilakukannya penyederhanaan RPP?

Guru-guru sering diarahkan bahkan sangat diwajibkan untuk membuat RPP dengan rinci, hal ini membuat guru-guru mau tidak mau akan menghabiskan waktu untuk menyusunnya.

Padahal yang seharusnya menjadi fokus perhatian guru itu adalah mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Oleh karena itulah dilakukan penyederhanaan RPP, sehingga guru bisa lebih fokus memberikan proses pengajaran yang mencerdaskan dan skaligus mengevaluasi hasil dari proses pembelajarannya.

Apa maksud dari prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa?

  • Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan singkat sehingga tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga para guru. 
  • Efektif berarti penulisan RPP dilakukan secara fokus untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. 
  • Berorientasi pada siswa berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar siswa di kelas. Sehingga proses pembelajaran akan memberikan kesan baik dan menyenangkan bagi para siswa.


Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya satu halaman?

Sebenarnya tidak ada syarat bahwa RPP itu harus dibuat hanya satu halaman saja. Karena yang paling penting adalah selama RPP itu sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada siswa. Tidak ada persyaratan jumlah halaman, bisa jadi lebih dari 1 halaman.

Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?

Tidak ada standar baku untuk format penulisan RPP, guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efesien, efektif, dan berorientasi pada siswa.

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?

Guru tetap bisa menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya.
Guru dapat pula memodifikasl format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada siswa.

Berapa jumlah komponen dalam RPP yang disederhanakan ini?

Ada 3 komponen inti yang memang wajib dimuat dalam RPP sederhana ini, yaitu; tujuan pembelajaran, langkah­-langkah pembelajaran (kegiatan), dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap.

Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar siswa. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

Sekedar untuk contoh saja saya telah menyediakan 2 format contoh RPP 1 lembar yang bisa ibu bapak guru kaji dan kembangkan. Semoga bermanfaat.

Contoh RPP sederhana Format 1
Contoh RPP sederhana Format 2

Tidak ada komentar untuk "Download Contoh RPP 1 Lembar Program Merdeka Belajar"

Berlangganan via Email