Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas 7 MTs

Buku Pegangan Guru dan Pegangan Siswa Kelas 7 MTs Kurikulum 2013 (K-13) merupakan sarana penunjang bagi guru dan siswa yang sangat wajib dimiliki.

Asep Rois | Buku Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas 7 MTs

Buku Guru dan Buku Siswa merupakan panduan bagi guru dan sebagai pedoman bagi para siswa untuk melaksanakan pembelajaran di kelas secara optimal.

Buku guru ini sengaja disiapkan oleh pemerintah dan disesuaikan dengan permendikbud Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru yang bisa digunakan oleh guru dan siswa diseluruh Indonesia.

Fungsi Buku Guru

Buku Guru berfungsi sebagai Petunjuk terkait cara menggunakan Buku Siswa dan didalamnya diinformasikan mengenai hal-hal berikut!

  • Karakteristik Kurikulum 2013, 
  • Kompetensi Inti, 
  • Kompetensi Dasar, dan 
  • Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar Pembelajaran mata pelajaran terkait.
  • Petunjuk Penggunaan Buku dan penjelasan bagian-bagian Buku Siswa.
  • Sebagai Acuan untuk pelaksanaan KBM di kelas; 


Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.

  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang penting dilakukan didalam kelas
  • Contoh susunan RPP dengan sistematis sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang disusun
  • Menjelaskan tentang teknik penilaian serta instrumennya yang dapat digunakan disetiap pembelajaran yang memiliki karakteristik yang berbeda.
  • Penjelasan tentang metode dan teknik yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Buku Guru disediakan sebagai sarana untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013 yang memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • Mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan dan keterampilan, serta cara menerapkannya dalam realita kehidupan baik di sekolah maupun masyarakat.
  • Menempatkan sekolah sebagai miniatur dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar bagi setiap siswa. Harapan utamanya adalah agar siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah dalam kehidupan nyata ditengah masyarakat.
  • Memberikan keleluasaan waktu bagi para guru dan siswa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
  • Mengembangkan setiap kompetensi yang diwujudkan dalam bentuk Kompetensi Inti yang diperinci dalam Kompetensi Dasar setiap mata pelajaran.

Selain infomasi diatas di dalam Buku Guru juga diinformasikan tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar untuk setiap mata pelajaran.

Fungsi Buku Siswa

Buku Siswa disediakan untuk memandu aktivitas belajarnya agar mereka mendapt kemudahan dalam menguasai kompetensi yang telah ditentukan.

Buku Siswa juga digunakan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembelajaran, sehingga mereka bisa lebih fokus dalam melakukan proses belajarnya.

Buku Siswa dirancang agar peserta dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang ada dilingkungan masyarakat. Didalamnya dilengkapi dengan berbagai contoh serta lembar kerja yang disesuaikan dengan mata pelajaran.

Dengan adanya buku pegangan siswa ini diharapkan; agar para siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan berdiskusi.

Dibawah ini adalah buku-buku pegangan bagi guru dan para siswa yang bisa didownload secara gratis sesuai mata pelajaran.

Buku pegangan Guru

Akidah akhlak (Download)
Qur`an Hadis (Download)
Sejarah Kebudayaan Islam (Download)
Fiqih (Download)
Bahasa Arab (Download)


Buku Pegangan Siswa


Semoga dengan hadirnya postingan ini bisa membantu memudahkan para guru dan para siswa dalam menemukan bahan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar disekolah atau madrasah masing-masing.

Harapan terbesarnya adalah manfaat dari postingan ini bisa lebih luas menjangkau banyak orang. Sehingga penulis bisa lebih dekat lagi ke maqom yang disabdakan kang jeng Nabi Muhammad SAW;
Manusia terbaik adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.

Terimakasih, jangan lupa untuk menggoreskan komentar bila mendapati kekeliruan atau yang lainnya yang penting untuk dikemukakan demi perbaikan penulisan postingan di situs ini. Wallahu a’lam bishshowab.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Buku Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa Kelas 7 MTs"

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Silahkan Berlangganan Via Email