Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2020 Telah Dibuka

Assalamu'alaikum sahabat, ada kabar gembira untuk kalian para santri bahwa Waktu Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi 2020 Telah Dibuka dari tanggal 1 - 30 April 2020.

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2020 Telah Dibuka

Program Beasiswa Santri Berprestasi 2020 merupakan kegiatan program yang dikeluarkan oleh Ditjen Pendidikan Islama Kementrian Agama Republik Indonesia.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang memberikan kesempatan bagi santri untuk mengenyam pendidikan sarjana, maka program beasiswa bagi santri berprestasi tahun ini difokuskan pada pendidikan kader Ulama.

Kemudian fokus pilihan studi PBSB yang bisa diambil para santri kali ini adalah pada Ma’had Aly dan program studi ilmu agama Islam unggulan yang berada di Maroko.

Berikut ini adalah 5 program pilihan yang bisa diambil oleh para santri yang ingin mengikuti program beasiswa santri berprestasi tahun 2020 ini.

  1. Ma’had Aly As’adiyah Sengkang, Sulawesi Selatan (Tafsir dan Ilmu Tafsir), 
  2. Ma’had Aly Hasyim Asy’ari Jombang, Jawa Timur (Hadits dan Ilmu Hadits), 
  3. Ma’had Aly Kebonjambu Cirebon, Jawa Barat (Fiqih dan Ushul Fiqih), 
  4. Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, Jawa Timur (Fiqih dan Ushul Fiqih) dan 
  5. Universitas di Maroko, Kerjasama Kementerian Agama RI dan Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Kerajaan Maroko untuk program studi Islamic Studies.

Masa Seleksi PBSB 2020

Untuk seleksi Program beasiswa Santri kali ini dibagi ke dalam dua tahap;

Tahap Pertama; seleksi dalam bentuk portofolio yang wajib diunggah oleh pendaftar selama masa pendaftaran ke dalam aplikasi yang telah disediakan.

Dalam aplikasi pendaftaran tersebut sudah ada panduan yang bisa diikuti oleh pendaftar serta materi yang dibutuhkan.

Setelah masa pendaftaran selesai portofolio yang dikirimkan atau diungga oleh pendaftar itu akan di uji oleh tim dan nantinya diberikan peringkat berdasarkan kelengkapan portofolio yang diunggah.

Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus, maka ia akan berhak mengikuti tahapan selanjutnya.

Tahap kedua; untuk pendaftar yang lulus di tahap pertama, selanjutnya akan mengikuti seleksi tes wawancara yang dilakukan secara online.

Setiap pendaftar yang lulus akan diberikan jadawal tes wawancara online ini dari panitia seleksi yang dikirim melalui email pendaftar.

Aplikasi yang digunakan dalam wawancara online ini adalah ZOOM CLOUD MEETINGS berbasis android, iOS dan PC.

Wawancara online ini tentunya akan mempertemukan pendaftar dan penguji secara langsung dan dari tempat tinggalnya masing-masing.

Penerapan pola rekrutmen seperti ini selain untuk mendapatkan santri-santri terbaik secara pasti dan memenuhi syarat yang diharapkan, juga sebagai upaya melaksanakan Physical Distanscing serta memprioritaskan kesehatan dan keselamatan bersama.

Untuk salinan surat pengumuman terkait PBSB tahun 2020 yang yang dikeluarkan Ditjen Pendidikan Islam Kementirian Agama Republik Indonesia, bisa sahabat download dalam bentuk pdf pada tautan berikut ini.


Berikut ini penampakan pengumumannya!



Demikian informasi mengenai Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2020 kali ini.

Bagi kalian para santri segeralah daftarkan diri kalian, ajak teman kalian yang memang memiliki semangat untuk menjadi penerus ulama dimasa depan.

Bagi Anda para orang tua yang ingin membuka pintu bagi masa depan anak-anaknya ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa ditawarkan kepada putra putri Anda.

Bila menurut Sahabat informasi ini bermanfaat, silahkan bagikan kabar baik ini kepada keluarga terdekat, tetangga dan yang lainnya.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:
Contoh RPP 1 Lembar
Diantara Covid-19, Sains dan Ulama
Download Buku Al-Quran Hadits Kelas 8 MTs
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi 2020 Telah Dibuka"

Silahkan Berlangganan Via Email