Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan

Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan | Hanya dalam hitungan hari kita akan memasuki bulan puasa, bulan yang bertebaran pahala untuk insan yang beriman.

Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan

Namun, bulan Ramadhan tahun ini tampaknya akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan bertepatan dengan sedang merebaknya virus corona.

Virus Corona merupakan virus jenis baru dari corona virus yang ditemukan pada Desember 2019 yang resmi dinamai dengan Covid-19.

Hingga update postingan ini ditayangkan, di indonesia yang resmi terkonfirmasi positif sebanyak 7.135 orang, sudah sembuh sebanyak 824 orang dan meninggal sebanyak 616 orang.

sumber: sindonews.com

Fakta dari peristiwa ini telah memberikan dampak yang besar untuk kelangsungan kehidupan sosial masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia.

Tentunya yang paling kita harapkan adalah semoga peristiwa penyebaran wabah virus corona ini cepat berakhir dan kita tetap diselamatkan. Amiin.

Kembali pada keutamaan yang terdapat dibulan Ramadhan, sepatutnyalah kita mengetahui dan memahaminya sebagai persiapan untuk menjalankan ibadah dibulan tersebut.

Keutamaan pada bulan ramadhan sangat banyak jumlahnya, saking banyaknya tidak ada satu makhlukpun yang bisa menghitungnya.

Tiada yang bisa menghitung seberapa banyak keutamaan Ramadhan melainkan Allah swt saja yang mengetahui kebaikan yang terkandung didalamnya.

1. Sayyidus Syuhur (Sebagai Induknya Bulan)

Bulan Ramadhan dijuluki dengan sebutan sayyidusy syuhur (bulan yang kedudukannya paling tinggi diantara bulan-bulan yang lain).

Karena Bulan Ramadhan ada berbagai hikmah yang sangat istimewa di dalamnya yang tidak dimiliki oleh bulan yang lainnya.

2. Peristiwa Nuzulul-Qur`an

Bulan Ramadhan Adalah Bulan diturunkannya Al-Qur'an sehingga memiliki julukan lain selain Ramadhan yakni; Syahrul Quran (bulan al-qur`an)

Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa Al-Qur'an diturunkan pada bulan Ramadhan.

Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan yang di miliki bulan Ramadhan yang istimewa ini.

QS. Al-Baqarah: 185 menjelaskan bahwa petunjuk Allah bagi manusia yang disebut al-Qur`an itu diturunkan pada bulan Ramadhan:

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)."

Bahkan Pada setiap bulan Ramadhan pula Rasulullah saw selalu bertadarus (berinteraksi) dengan Al-Quran bersama Jibril as.

Oleh karena itu salah satu sunnah yang sangat istimewa dilakukan pada bulan Ramadhan adalah memperbanyak membaca Al-Qur`an.

Kemudian akan semakin istimewa apabila kita membacanya disertai memahami makna yang terkandung didalamnya dan sedikit demi sedikit melatih mengamalkannya.

3. Bulan Penuh Berkah

Ramadhan Adalah Bulan Keberkahan, hal itu dinyatakan langsung oleh Rosulullah saw dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi menjelaskan :
"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..".

Hadits tersebut sangat jelas menyebutkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang bertabur serta bergelimang kebaikan dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wata'ala.

Salah satunya adalah bahwa pahala puasa di bulan Ramadhan dilipat gandakan dari pahala puasa selain dibulan ini.

Setiap ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah swt. Rasulullah saw bersabda:
"Setiap amal yang dilakukan oleh anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah Swt berfirman: Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Karena sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwat, makan dan minumnya karena-Ku" (HR. Muslim).

Itulah sekelumit atau sebagian kecil dari keutamaan yang terdapat dibulan Ramadhan yang bisa disampaikan dalam postingan kali ini.

Semoga menjadi wawasan atau sebagai pengingat bagi kita semua, sehingga bisa lebih bersemangat menyambut kedatangan Ramadhan tahun ini.

Semangat menyambut Ramadhan merupakan spirit keimanan yang tidak bisa dibiaskan dari setiap muslim dimana pun berada.

Melalui keistimewaan Ramadhan, kita memohon kepada Allah swt, semoga kita diselamatkan dari dampak yang tidak diinginkan dari virus corona.

Serta semoga Allah menyelamatkan bangsa ini dari keterpurukan dan kemunduran kehidupan.

Mari kita bersama-sama menghadapi musibah ini dengan fokus dan tidak pernah lepas dari harapan terbaik yang kita kaitkan kepada kebesaran Allah swt. wallahu a'lam bishshowab
>>> SELANJUTNYA...
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan "

Silahkan Berlangganan Via Email