Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan 2019 | bagian 2

Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan 2019 | bagian 2 - Tidak hanya keberkahan dalam menuai pundi-pundi pahala, namun banyak keberkahan puasa Ramadhan lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk kita pahami. Sehingga kita memiliki banyak alasan mengapa kita sangat penting menjaga puasa kita hingga mencapai kwalitas puasa yang tinggi.

Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan 2018 | bagian 2

Dari segi ekonomi misalnya, maka Ramadhan akan membukakan pintu dan memberikan keberkahan ekonomi bagi para pedagang sandang, pangan maupun papan. Dimana pada saat bulan Ramadhan ada peningkatan yang sangat signifikan dalam daya beli masyarakat pada umumnya.

Begitu juga bagi fakir miskin, Ramadhan telah membawa keberkahan tersendiri. Setiap muslim sangat dianjurkan untuk berinfaq dan bersedekah pada bulan suci Ramadhan kepada mereka. Bahkan diwajibkan membayar zakat fitrah untuk mereka. Karena itulah, Ramadhan akan dengan otomatis meringankan beban hidup yang mereka hadapi.

Di Bulan Ramadhan Pintu-Pintu Surga Terbuka Dan Pintu-Pintu Neraka Tertutup Dan Setan-Setan Diikat

Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang mereka perbuat pada bulan Ramadhan. Syaithanpun tidak diberi kesempatan untuk mengoda dan menyesatkan manusia.

Rasulullah saw bersabda, “Apabila masuk bulan Ramadhan maka pintu-pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan syaithan-syaithan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka pada bulan ini kita digalakkan untuk memperbanyak ibadah sunnat dan amal shalih, agar kita dapat masuk surga.

Hikmah Keutamaan Bulan Ramadhan

Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa Maghfirah

Melalui berbagai aktifitas ibadah di bulan Ramadhan Allah menghapuskan dosa kita. Di antaranya adalah puasa Ramadhan, sebagaimana sabda Nabi Saw: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim).

Allah Ta'ala menyediakan Ramadhan sebagai fasilitas penghapusan dosa selama kita menjauhi dosa besar. Nabi saw bersabda: ”Shalat lima waktu, Jum’at ke Jum’at dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi”. (HR. Muslim).

Bulan Ramadhan Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang nilai kebaikan padanya lebih baik dari seribu bulan. Allah berfirman: "Dan Tahukah kamu lailatul Qadar itu? Lailatul Qadar itu lebih baik daripada seribu bulan." (Al-Qadar: 2-3). Rasul saw bersabda: "Pada bulan Ramadhan ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang dihalangi kebaikannya padanya, maka rugilah dia” (H.R. Ahmad,An-Nasa’i & Baihaqi).

Maka kita sangat digalakkan untuk mencari lailatul qadar ini dengan i’tikaf, khususnya pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, mengikuti perbuatan Rasululullah Muhammad SAW.

Aisyah r.a berkata: "Apabila telah masuk sepuluh hari terakhir (dari bulan Ramadhan), Nabi saw menghidupkan waktu malam beliau, membangunkan keluarga beliau untuk beribadah, dan mengencangkan ikat pinggang." (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam riwayat lain: "Nabi saw sangat giat beribadah pada sepuluh hari terakhir (bulan Ramadhan) melebihi ibadah beliau pada hari-hari lainnya." (HR.Muslim)

Demikian Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan 2019 | bagian 2 ini

Semoga dibulan ramadhan tahun ini kita bisa kembali menjalankan segala amal kebaikan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, sehingga kita benar-benar mendapatkan kemenangan yang sesungguhnya karena mendapatkan ampunan serta derajat yang tinggi disisi Allah swt.

Selain itu, semoga kemenangan yang didapat bisa menjadi bekal utama yang akan menyelamatkan kita selama sebelas bulan kedepan dari perbuatan yang bisa menggelincirkan kita kejurang kesalahan dan kekhilafan. Amin. Wallohu a'lam
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Yang Terdapat Di Bulan Ramadhan 2019 | bagian 2"