Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Akibat Dari Inveksi Virus Corona

Penyebab Dan Akibat dari Inveksi Virus Corona - Akhir akhir ini hampir semua media berita memberitakan tentang masivenya COVID-19 menyebar keseluruh dunia, bahkan di Eropa seperti Italia dan Canada menjadi wilayah yang sangat parah terpapar virus dari jenis coronavirus ini

Penyebab Pan Akibat dari Inveksi Virus Corona


Dengan masivenya pemberitaan itu, setidaknya banyak orang yang kemudian bertanya-tanya mengapa virus ini bisa menyebar dan menginveksi orang hingga menjangkau negara-negara yang jauh dari tempat asal munculnya virus ini.

Penyebab Virus Corona

Infeksi virus Corona atau yang sekarang memiliki nama resmi sebagai COVID-19 disebabkan oleh coronavirus.

Coronavirus adalah jenis virus yang langsung menginveksi sistem pernapasan baik pada hewan ataupun manusia.

Pada sebagian besar kasus yang telah muncul dan memakan banyak korban, coronavirus hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang, seperti flu.

Akan tetapi, bila kebetulan menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah virus ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Para ahli yang telah meneliti virus ini menjelaskan bahwa Virus Corona ini bermula dari hewan yang dengan tidak sengaja menular kepada manusia, kemudian berikutnya penularan berlanjut dari manusia ke manusia.

Terjadinya penularan virus dari binatang ke manusia ini tidak bisa dilepaskan dengan gaya hidup manusianya itu sendiri.

Dari berbagai berita di setiap media, dijelaskan bahwa wilayah yang menjadi awal munculnya virus ini, ternyata memiliki gaya hidup yang tidak biasa, yaitu dengan memasyhurkan kuliner yang berbahan dasar hewan yang tidak biasa dikonsumsi oleh keumunan manusia dimuka bumi ini.

Dari sisi tujuannya, mungkin kita bisa menebak, yaitu demi menggenjot ekonomi dengan mendorong sebuah kebiasaan yang memiliki keunikan yang bisa mengundang daya tarik untuk para wisatawan yang datang.

Namun, resiko dari hal itu sepertinya tidak begitu diperhitungkan.

Baca Juga ; Kunci Menjaga Kesehatan Tubuh Kita

Proses Penularan Virus Corona

Setiap orang dapat tertular COVID-19 melalui berbagai cara, yaitu:

  1. Orang yang dengan tidak sengaja menghirup percikan dari bersin atau batuk orang yang sudah terinveksi COVID-19.
  2. Tangan yang tidak sengaja menyentuh benda yang sudah terkena percikan air liur penderita COVID-19, kemudian tangan itu dipakai untuk memegang hidung atau mulut tanpa mencuci tangannya terlebih dahulu.
  3. Dengan atau tanpa sengaja melakukan kontak dari jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat tangan.


Sangat penting dipahami oleh setiap orang, bahwa Virus Corona dapat menginfeksi siapapun, kapanpun dan dimanapun berada.

Namun, efeknya akan lebih membahayakan bahkan sangat fatal akibatnya bila menyerang orang yang sudah lanjut usia, ibu-ibu yang sedang hamil, orang sakit atau orang dengan daya tahan tubuhnya lemah.

Diagnosis Virus Corona Oleh Petugas Kesehatan

Dikutip dari alaDoketer(dot)com bahwa; untuk menentukan apakah seseorang pasien sudah terinfeksi virus Corona, dokter akan menanyakan gejala yang dialami pasien itu.

Selain itu dokter juga akan bertanya apakah pasien bepergian ke wilayah endemik virus Corona sebelum gejala ini muncul padanya.

Kemudian untuk memastikan diagnosis COVID-19, dokter akan melakukan pemeriksaan selanjutnya dengan cara berikut:
  • Melakukan Uji sampel darah
  • Tes usap tenggorokan untuk meneliti sampel dahak
  • Melakukan Rontgen dada dengan tujuan untuk mendeteksi infiltrat atau cairan di paru-paru

Pengobatan Virus Corona

Juga menjadi pemberitaan diberbagai masmedia bahwa COVID-19 sampai saat ini belum bisa diobati, karena belum ditemukan obatnya.

Baca Juga; Hati hati Pembunuh Ini masih mengintai

Namun para dokter akan melakukan beberapa langkah atau upaya untuk meredakan gejala yang terjadi, yaitu;
  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri. Namun, dokter tidak akan memberikan aspirin kepada penderita COVID-19 yang masih kanak-kanak.
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk mandi air hangat dan menggunakan humidifier (pelembab udara), untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk istirahat yang cukup dan tidak keluar rumah untuk mencegah penyebaran virus.
  • Menganjurkan penderita COVID-19 untuk banyak minum air putih guna menjaga kadar cairan tubuh.

Virus Corona Bisa Menyebabkan Komplikasi

Pada kasus yang terlanjur parah, infeksi COVID-19 ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang sangat serius seperti berikut ini:

  • Pneumonia
  • Infeksi sekunder pada organ lain
  • Gagal ginjal
  • Acute cardiac injury
  • Acute respiratory distress syndrome
  • Kematian

Info Suplement Herbal Modern Pencegah Virus Corona DISINI

Penutup

Itulah sekilas ulasan mengenai Penyebab Dan Akibat dari Inveksi Virus Corona, semoga menjadi wawasan yang bisa menambah kewaspadaan kita agar terhindar dari virus COVID-19 yang telah memakan ribuan korban ini.

Sebagai akhir dari tulisan ini, ingin saya sampaikan bahwa; setiap hal yang terjadi dimuka bumi ini tidak akan luput dari kehendak Allah swt.

Kemudian sebagai makhluknya, sudah sepantasnyalah kita merenungi apa yang sedang terjadi ini. Mungkin sebagai teguran atas kelalaian kita, yang seharusnya mengelola sumberdaya alam ini dengan baik.

Semoga kita yang ada di Indonesia diselamatkan dari dampak berat akibat virus ini. Wallahu a'lam bish showab.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Akibat Dari Inveksi Virus Corona"

Silahkan Berlangganan Via Email