Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Sesuatu

Sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar kaum muslim bahwa sangat banyak keutamaan membaca basmallah sebelum melakukan sesuatu. Oleh karenanya penjelasan berikut ini sangat disimak dan dipelajari agar semakin menambah keyakinan kita pada keutamaan yang terkandung didalamnya.

Basmalah merupakan istilah untuk menyebut BISMILLAHIRROHMANIRROHIM, karena dalam bahasa arab banyak sekali kalimat-kalimat yang diberi istilah khusus dalam menyebutnya. Seperti Hamdalah untuk menyebut "al-hamdulillah", Takbir untuk menyebut "Allahu Akbar", Tahlil untuk menyebut "La ilaha illallahu" dan masih banyak yang lainnya.

Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Sesuatu
sumber : http://www.hdwallpaperspulse.com/bismillah-wallpaper.html

Rosulullah saw, sangat menganjurkan kepada kita untuk memulai berbagai hal yang baik dalam kehidupan kita dengan Basmallah.

1- Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, pernah bersabda;

كُلُّ كَلَامٍ أَوْ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُفْتَحُ بِذِكْرِ اللهِ فَهُوَ أَبْتَرُ – أَوْ قَالَ : أَقْطَعُ –
“Setiap perkataan atau perkara penting yang tidak dibuka dengan dzikir pada Allah, maka ia terputus.” (HR. Ahmad, 2: 359)

Kata "أَبْتَرُ" mengandung makna kurang atau tidak maksaimal, kata ini adalah sebutan untuk hewan yang salah satu dari kakinya terputus. Dimana kita bisa sangat memahami apabila seekor hewan tidak memiliki kaki yang sempurna, maka hewan itu menjadi hewan yang murah harganya, bahkan kurang laku bila dipasarkan. Sehingga sebagian besar ulama memaknainya dengan ;
"terputusnya kebarokahan dari amalan yang tidak dimulai dengan dzikir kepada Allah SWT"
Amalan yang dimaksud adalah seluruh perbuatan baik yang dilakukan oleh kita. Baik dalam bentuk batiniah maupun lahiriyah.

2- Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ
“Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus.” (HR. Al-Khatib dalam Al-Jami’, dari jalur Ar-Rahawai dalam Al-Arba’in, As-Subki dalam tabaqathnya)

Dari apa yang disampaikan dalam dua hadits di atas, kita bisa memahami bahwa segala amal kebaikan sehebat apapun, sepenting apapun dan seperti apapun, besar kecilnya kebarokahan sangat bergantung pada awal memulainya. Jika membukanya dengan basmallah atau dengan berdzikir dengan asma Allah swt, maka besar harapannya bahwa perbuatan yang dilakukan itu akan memiliki kebarokahan yang maksimal.

Baca Juga; 

Nabi Sulaiman Alaihissalam pun pernah menulis surat kepada penguasa kerajaan Saba yang isinya di awali dengan tulisan Basmallah

إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمَانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

“Sesungguhnya surat itu, dari SuIaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (QS. An-Naml: 30)
Begitu juga dengan Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi wa Sallama, Basmallah dijadikan pembuka dalam setiap surat yang beliau kirimkan kepada para raja yang menjadi target dakwah. Seperti suratnya yang dikirim kepada Raja Heraklius yang diawali dengan bismillah. 

Rahasia dibalik huruf 'ba' 

Ulama tasawuf yang konsen pada pembahasan mengenai akhlak telah menggambarkan kebaikan dan pesan-pesan dan makna yang tersembunyi dibalik setiap huruf dalam kalimat Basmallah atau Bismillahirrohmanirrohiem.

'Ba' didalam kalimat basmalah mengandung makna bahwa Allah tengah mengatakan bahwa "bi kana ma kana wabi yakunu ma yakunu" akulah yang mengadakan sesuatu yang telah ada dan aku pula yang mengadakan sesuatu yang akan ada.

Dari penjelasan diatas, maka kita bisa memahami bahwa banyak sekali manfaat dan keutamaan basmallah sebelum melakukan sesuatu yang memiliki kebaikan. Dimana kebaikan itu akan maksimal bila diawalnya adalah basmallah. Apapun amalnya, kepentingannya dan niatannya maka untuk memaksimalkan derajatnya harus dimulai dengan basmallah. Inilah cara untuk membuat segala hal dalam kehidupan kita menjadi barokah. Wallahu a'lam bis showab
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Membaca Basmallah Sebelum Melakukan Sesuatu"

Silahkan Berlangganan Via Email