Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Bulan Ramadhan 2018

Bulan Ramadhan 2018 akan segera tiba dalam hitungan hari. Bulan ke 9 dalam kalender Hijriah ini merupakan bulan yang mengandung banyak keutamaan nilai spiritual bagi umat muslim di seluruh dunia. Oleh karenanya bulan ini menjadi sangat sakral.

Bulan Ramadhan 2018 akan segera tiba dalam hitungan jam

Menunaikan ibadah puasa berarti menunaikan salah satu kewajiban dari rukun Islam yang lima. Dimana keislaman seseorang wajib memenuhi setidaknya 3 point dari 5 rukun Islam yang di syaratkan. Sementara zakat dan haji merupakan rukun yang baru menjadi wajib bagi umat muslim yang sudah memiliki kemampuan, khususnya dalam harta.

Ramadhan yang juga sering di romanisasikan dengan Ramazan atau Ramadlan merupakan kata yang di ambil dari ramida رمض yang berarti sipat panas yang menghanguskan atau bisa menimbulkan kekeringan.

Puasa di bulan Ramadhan diwajibkan untuk semua muslim yang telah mencapai akil balig, tua ataupun muda kecuali ada hal yang menghalangi, seperti sakit, haid, hamil, menyusui dan berbagai hal lainnya yang memang bisa dimaklumi oleh hukum syari'at.

Kewajiban puasa di bulan Ramadhan ini dimulai sejak tahun ke dua hijriyah (sejak rosulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah). Tanda memasuki bulan Ramadhan adalah munculnya bulan sabit yang merupakan tanda permulaan awal bulan (hilal ramadhan).

Sesuai dengan pengertian puasa, maka setiap muslim dilarang untuk melakukan kegiatan makan, minum apapun, merokok dan berhubungan badan antar suami dan istri seharian penuh.

Selain itu, selama berpuasa setiap muslim diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa demi menyempurnakan pahala dari puasanya.

Akhirnya AsepRois.com mengucapkan selamat memasuki bulan Ramadhan dan semoga kita semua bisa menjalankan ibadah puasa dan peribadatan lainnya dengan maksimal. Amiin.

Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Bulan Ramadhan 2018 "

Silahkan Berlangganan Via Email