Pengertian Puasa

Pengertian Puasa - Tiap-tiap kaum muslim pastinya tidak asing dengan kata Puasa, karena ritual ibadah puasa ini merupakan salah satu dari rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim.

Dasar hukum puasa adalah al-Qur`an dan al-Hadits yang hukum wajibnya merupakan bagian dari jenis hukum yang Qoth'i. Istilah aslinya dalam bahasa Arab adalah shiyam atau shoum. Puasa merupakan kata yang di ambil dari bahasa jawa kuno "upawasa" yang memiliki pengertian tidak makan dan tidak minum.

Kemudian istilah puasa ini dipakai para wali guna memperkenalkan ibadah shaum dalam syari'at islam kepada masyarakat di nusantara pada waktu itu. Penggunaan istilah puasa bertujuan untuk memudahkan pemahaman masyarakat lokal terkait ibadah shoum. Sebab pusa dengan shoum memiliki kesamaan dalam prakteknya yaitu sama-sama tidak makan dan tidak minum dalam jangka waktu yang ditentukan.
#pengertianpuasa

Pengertian Puasa / Shoum

Makna puasa/shoum menurut bahasa adalah menahan. Sementara Menurut syariat islam puasa merupakan salah satu bentuk amaliah peribadatan kepada Allah SWT. dengan cara menahan diri dari setiap hal yang bisa membatalkan puasa seperti makan dan minum, sejak terbit fajar shodiq/subuh sampai matahari tenggelam/maghrib.

Puasa memiliki 2 rukun pokok yakni; Niat dimalam hari dan tidak makan serta tidak minum dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Sementara hal-hal yang dianjurkan selama menjalankan ibadah puasa adalah menahan nafasu dari perbuatan tidak terpuji seperti menjaga lisan, pandangan, pendengaran dan prasangka.

Bila ternyata seseorang tidak bisa menahan amarah atau berbohong, maka secara hukum puasanya tidak batal, namun perbuatan seperti itu telah menghalangi dia dari mendapatkan pahala puasanya. Oleh karena itu "banyak orang yang berpuasa tidak memiliki bagian kebaikan dari puasanya selain dahaga dan lapar saja".

Jadi dengan puasa Islam mengingatkan umatnya untuk menjalani kehidupan ini dengan disiplin pada ketaatan. Bahwa segala hal yang dilakukan dalam kehidupan ini akan berbuah balasan yang setimpal. Perbuatan baik akan berbuah kebaikan baik didunia maupun diakhirat, begitu juga sebaliknya.

Perbuatan baik yang dilakukan selama bulan Ramadhan memiliki nilai lebih dibanding dengan amal kebaikan yang dilakukan diluar bulan Ramadhan. Oleh karena itu, orang muslim sangat bersemangat menjalani bulan ramadhan dengan memperbanyak amal kebaikan, baik yang berhubungan dengan Allah swt, maupun yang berhubungan dengan sosial dan lingkungan tempat dia berada.

Demikian Pengertia Puasa

Semoga tulisan sederhana ini termasuk salah satu amal kebaikan yang bisa bermanfaat bagi banyak orang khususnya bagi penulis.

Diakhir tulisan ini saya ingin menyampaikan selamat menjalankan ibada puasa, semoga amal ibadah kita diterima disisi Allah swt. Serta mohon maaf atas segala khilaf dan kekeliruan. Wallhu a'lam bish showab.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Puasa"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar Anda dengan bahasa yang mudah dipahami, sopan, tidak negatif dan memotifasi semua orang.
Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel