Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Inilah Akhlak Yang Harus Dimiliki Setiap Muslim

Inilah Akhlak Yang Harus Dimiliki Setiap Muslim | Fokus mengikuti petunjukNya adalah rahasia sukses umat manusia dalam mengarungi kehidupan dunianya. Namun, sekalipun umat muslim bila dia tidak fokus pada setiap petunjukNya maka dia akan banyak mendapatkan kendala selama menjalani hidupnya didunia ini.

hadits arba'in | Nawawi - Inilah Akhlak Yang Harus Dimiliki setiap muslim

Mengenai petunjukNya, tidak sebatas dalam bentuk firman yang disusun dalam kitab suci, pun disampaikan melalui para utusanNya. Seperti sabda Rosulullah saw dalam salah satu haditsnya yang dimuat dalam kitab Arba'in karya Imam Nawawi sangat jelas memberikan arahan mengenai bagaimana seharusnya menjalani hidup didunia ini agar mendapat keselamatan.

عن أبي ذر الغفاري رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم فيما يرويه عن ربه عزوجل أنه قال : – يا عبادي إني حرمت الظلم على نفسي , وجعلته بينكم محرماً فلا تظالموا , يا عبادي كلكم ضال إلا من هديته فاستهدوني أهدكم , يا عبادي كلكم جائع إلا من أطعمته فاستطعموني أطعمكم , يا عبادي كلكم عارٍ إلا من كسوته فاستكسوني أكسكم , يا عبادي إنكم تخطئون بالليل والنهار وأنا أغفر الذنوب جميعاً فاستغفروني أغفر لكم , يا عبادي إنكم لن تبلغوا ضري فتضروني ولن تبلغوا نفعي فتنفعوني, يا عبادي , لو أن أولكم و آخركم, وإنسكم وجنكم كانوا على أتقى قلب رجل واحد منكم ما زاد ذلك في ملكي شيئاً , يا عبادي لو أن أولكم و آخركم وإنسكم وجنكم كانوا على أفجر قلب رجل واحد منكم ما نقص ذلك في ملكي شيئاً , يا عبادي لو أن أولكم و آخركم وإنسكم وجنكم قاموا على صعيد واحد فسألوني فأعطيت كل واحد مسألته ما نقص ذلك مما عندي إلا كما ينقص المخيط إذا أدخل البحر , يا عبادي إنما هي أعمالكم أحصيها لكم ثم أوفيكم إياها فمن وجد خيراً فليحمد الله ومن وجد غير ذلك فلا يلومن إلا نفسه – رواه مسلم


Dari Abu Dzar Al-Ghifari radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau meriwayatkan dari Allah ‘azza wa Jalla, sesungguhnya Allah telah berfirman:
“Wahai hamba-Ku, sesungguhnya Aku mengharamkan (perbuatan) dzalim atas diri-Ku dan Aku menjadikannya di antaramu (sebagai) yang diharamkan, maka janganlah kalian saling mendzalimi. 
Wahai hamba-Ku, kamu semua tersesat kecuali orang yang telah Kami beri petunjuk, maka hendaklah kalian memohon petunjuk kepada-Ku, pasti Aku memberinya. 
Wahai hamba-ku, Kamu semua adalah orang yang lapar, kecuali orang yang Aku beri makan, maka hendaklah kalian meminta makan kepada-Ku, pasti Aku memberinya. 
Wahai hamba-Ku, kamu semua asalnya telanjang, kecuali orang yang telah Aku beri pakaian, maka hendaklah kalian minta pakaian kepada-Ku, pasti Aku memberinya. 
Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian melakukan perbuatan dosa di waktu siang dan malam, dan Aku mengampuni dosa-dosa itu semuanya, maka mintalah ampun kepada-Ku , pasti Aku mengampuni kalian. 
Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian tidak akan dapat membinasakan Aku dan kalian tak akan dapat memberikan manfaat kepada Aku. 
Wahai hamba-Ku, kalau orang-orang terdahulu dan yang terakhir diantaramu, sekalian manusia dan jin, mereka itu bertaqwa seperti orang yang paling bertaqwa di antaramu, tidak akan menambah kekuasaan-Ku sedikit pun, jika orang-orang yang terdahulu dan yang terakhir di antaramu, sekalian manusia dan jin, mereka itu berhati jahat seperti orang yang paling jahat di antara kamu, tidak akan mengurangi kekuasaan-Ku sedikit pun juga. 
Wahai hamba-Ku, jika orang-orang terdahulu dan yang terakhir di antaramu, sekalian manusia dan jin yang tinggal di bumi ini meminta kepada-Ku, lalu Aku memenuhi seluruh permintaan mereka, tidaklah hal itu mengurangi apa yang ada pada-Ku, kecuali sebagaimana sebatang jarum yang dimasukkan ke laut. 
Wahai hamba-Ku, sesungguhnya itu semua adalah amal perbuatanmu. Aku catat semuanya untukmu, kemudian Kami membalasnya. Maka barang siapa yang mendapatkan kebaikan, hendaklah bersyukur kepada Allah dan barang siapa mendapatkan selain dari itu, maka janganlah sekali-kali ia menyalahkan kecuali dirinya sendiri”.
[Muslim no. 2577]

Dalam hadits diatas, jelas sekali disebutkan bahwa kedzaliman itu adalah perbuatan yang diharamkan. Tidak ada alasan untuk saling mendzalimi diantara sesama, golongan bahkan dengan semua elemen yang ada dialam ini. Fokus dalam hal ini, seorang muslim akan semakin bijaksana menyikapi berbagai hal dalam kehidupan ini.

Tiada orang yang hebat melakoni kehidupan ini, kecuali atas petunjuk dariNya, baik petunjuk yang tersirat ataupun yang tersurat dalam kitab suci dan sabda nabiNya. Umat manusia dilahirkan dan tumbuh besar didunia ini dalam keadaan yang sama, yakni tidak memiliki arah dan tersesat. Kemudian melalui para Rosul yang diutusNya Allah memberikan pedoman yang akan menuntun manusia pada hakikat tujuan yang sebenarnya.

Dari hadits Qudsi diatas setidaknya kita bisa belajar mengenai bagaimana seharusnya mengarungi kehidupan ini. Bila dirinci pesan yang ada dalam hadits tersebut adalah sebagai berikut!

  1. Jangan berbuat dzalim
  2. Mintalah selalu petunjukNya atas setiap perkara
  3. Mintalah rezekiNya baik sandang, pangan maupun papan dengan keberkahannya
  4. Selalu meminta ampunanNya atas setiap kesalahan
  5. Selalu memohon untuk menjadikan diri sebagai pribadi yang bermanfaat
  6. Ingatlah selalu, setiap amal ibadah yang dilakukan bukanlah untuk Allah, melainkan untuk kebaikan diri sendiri
  7. Jangan lupa bersyukur atas ni'mat yang telah diberikan
  8. Jangan menyalahkan Allah ketika mendapatkan kesulitan, namun evaluasilah diri sendiri.
Mungkin, Inilah Akhlak Yang Harus Dimiliki Setiap Muslim, setidaknya sebagai hal-hal yang mendasari setiap tindakannya untuk menjadikannya sebagai manusia terbaik karena hidupnya selalu memberikan manfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Wallahu a'lam bish showab.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Inilah Akhlak Yang Harus Dimiliki Setiap Muslim"

Silahkan Berlangganan Via Email