Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa sih Perbedaan Sehat Dan Bugar?.. Yuk Temukan Jawabannya..!

Apa sih Perbedaan Sehat Dan Bugar?.. Yuk Temukan Jawabannya..! Apakah kamu ingin memiliki tubuh yang bugar? iyalah semua orang pasti menginginkan tubuhnya selalu bugar agar bisa menjalankan aktifitas keseharian dengan maksimal.

Kita sering mendengar ungkapan; "jiwa yang sehat ada pada tubuh yang sehat" itu memang sangat beralasan, karena kadang apabila sesuatu dengan pelindung luarnya kurang kuat atau tidak normal bisa berakibat isi dari dalamnya yang hebat bisa berkurang kwalitas kehebatannya..emmmh

Ketika seseorang terkena sakit seringkali akan shok, dari mulai yang ringan hingga shok yang sangat berat. Artinya secara mental (kejiwaan) sedikit besarnya akan terusik bergantung berat ringannya penyakit yang dialami.

Aktifitas dalam kehidupan setiap orang memang berbeda namun kesamaannya sangat kuat, yakni sama-sama memunculkan kelelahan. Kendati lelah itu sangat niscaya tetapi seringkali menjadi gangguan ketika ada atifitas yang menuntut tenaga dan konsentrasi yang maksimal.

Jadi kebugaran tubuh adalah kebutuhan utama dari setiap orang agar bisa menjaga ritme dalam setiap kegiatan atau aktifitas kehidupan dalam kesehariannya.

Apa sih Perbedaan Sehat Dan Bugar?.. Yuk Temukan Jawabannya..!

Apa sih yang dimaksud kebugaran tubuh itu?..

Pengertian Kebugaran Tubuh

Tubuh yang sering diistilahkan dengan jasmani atau sesuatu yang berhubungan dengan jasad/tubuh itu merupakan modal utama kehidupan setiap orang, sehingga menjaga kebugaran tubuh untuk tetap bisa menjalankan aktifitas adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar (harga mati).

Kebugaran tubuh adalah kesanggupan tubuh setiap orang -termasuk hewan kayaknya yaa!!??- untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lain (pen: dari setiap aktifitas dalam kehidupannya).

Sehat dan bugar itu sama atau beda yah?!! hmmmp..!

Mengenai dua kata; SEHAT DAN BUGAR Organisasi kesehatan dunia telah mengklasifikasikan keduanya dan didefinisikan sebagai berikut:
Sehat adalah keadaan terbebasnya tubuh baik fisik maupun mental dari segala macam penyakit.
Bugar adalah kemampuan setiap orang untuk melakukan aktivitas sehari-harinya secara maksimal dan masih mempunyai cadangan tenaga -yang cukup- tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.
Hakikat kebugaran tubuh merupakan hak yang harus selalu dipenuhi tanpa "tapi" oleh seseorang agar tidak "terserang penyakit kuuleun" alias malas melakukan aktifitas lain dalam kegiatan keseharianya. Misalnya ketika mengantuk maka tidurlah kendati sejenak!, karena mata memerlukan waktu untuk mengembalikan kejelian penglihatannya.

Konsep Kebugaran Tubuh

Kebugaran tubuh tidak hanya menggambarkan makna kesehatan saja, tetapi lebih merupakan salah satu cara untuk mengukur kemampuan setiap individu dalam melakukan kegiatannya sehari-hari.

Tiga hal penting dalam kebugaran tubuh yang harus dipahami oleh setiap orang dimanapun, yaitu:

  • Fisik yang berhubungan dengan kemampuan otot, tulang dan bagian lemak.
  • Fungsi Organ yang berhubungan dengan efisiensi sistem kerja jantung, pembuluh darah dan paru-paru sebagai pompa untuk bisa bernafas.
  • Respon Otot yang berhubungan dengan daya dan ketangkasan yang meliputi; kecepatan, kelenturan, kelemahan, dan kekuatan.

Kebugaran tubuh yang dibutuhkan oleh setiap orang tidak sama alias berbeda-beda -kendati tetap satu tujuan-, yaa tentu saja sangat bergantung pada sifat yang dimiliki dan tantangan fisik yang dihadapi.

Unsur - Unsur Kebugaran Tubuh

Supaya kebugaran tubuh bisa tetap terjaga dan selalu konsisten dalam melakukan aktifitas yang dibutuhkan maka harus selalu menjaga unsur-unsur yang mendorong kebugaran itu tetap ada. Setidaknya ada 10 unsur yang harus dikenali dan dipahami oleh setiap orang untuk memunculkan dan menjaga kebugaran tubuhnya:

  1. Kekuatan (Streght)
  2. Daya tahan (Endurance)
  3. Daya Otot (Muscular Power)
  4. Kecepatan (Speed)
  5. Daya lentur (Flexibility)
  6. Kelincahan (Agility),
  7. Koordinasi (Coordination)
  8. Keseimbangan (Balance)
  9. Ketepatan (Accuracy)
  10. Reaksi (Reaction)

Nah berikut ini pengertian dari setiap unsur kebugaran jasmani dan bentuk latihannya:

1. Kekuatan (Strength)

Kekuatan adalah kemampuan dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu  bekerja. Kekuatan otot dapat diraih dari latihan dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

Bentuk latihan kekuatan:

  • squat jump, melatih kekuatan otot tungkai dan perut.
  • push up, melatih kekuatan otot lengan.
  • sit up, melatih kekuatan otot perut.
  • angkat beban, melatih kekuatan otot lengan
  • baak up, melatih kekuatan otot perut

2. Daya Tahan (Endurance)

Daya tahan merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memakai organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitas hidupnya.

Contoh latihan yang manfaatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh ini adalah sebagai berikut:

  • lari 2,4 km
  • lari 12 menit
  • lari multistage
  • lari naik turun bukit

3. Daya Otot (Muscular Power)

Sering kali Daya otot disebut juga sebagai daya ledak otot (explosive power) ini merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatannya secara maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang singkat.

Macam-macam latihan yang digunakan untuk mejaga daya tahan otot adalah sebagai berikut:

  • Vertical jump, untuk melatih daya ledak otot tungkai.
  • Front jump, untuk melatih kemampuan otot betis dan tungkai.
  • Side jump, melatih daya ledak otot tungkai dan paha.

4. Kecepatan (Speed)


Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu yang singkat sesuai kebutuhan.

Bentuk latihan yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan kecepatan ini adalah dengan membiasakan diri berlari 50-200 meter.

5. Daya Lentur (Flexibility)

Daya lentur melihat pada efektivitas tubuh setiap orang / manusia dalam menyesuaikan diri dengan setiap gerakan atau aktivitas yang bertumpu atau mengandalkan kelenturan tubuhnya.

Contoh latihan yang dapat melatih daya lentur tubuh ini adalah dengan melakukan senam, yoga, dan renang.

6. Kelincahan (Agility)

Kelincahan merupakan kemampuan seseorang dalam menyesuaikan diri dengan posisi-posisi tubuh seperti dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan. Kelincahan ini juga sangat bergantung pada daya lentur tubuh yang dimiliki setiap orang.

Kelincahan ini sangat dibutuhkan oleh seorang olahragawan profesional. Diantara Olahraga yang membutuhkan kelincahan itu adalah sepak bola dan badminton.

Bentuk latihan dasar untu menjaga kebugaran tubuh demi menstabilkan kelincahan gerakanny adalah dengan lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.

7. Koordinasi (Coordination)

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang dalam menyatukan gerakan tubuh yang berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif.

Bentuk latihan nya yaitu dengan cara memantulkan bola pada tembok dengan tangan kanan dan menangkapnya kembali menggunakan tangan kiri. Membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat dan juga konsentrasi yang tinggi.

8. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga bisa mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

Senam dan loncat indah merupakan olahraga yang mengandalkan keseimbangan. Keseimbangan bisa dilatih dengan beberapa macam latihan sikap lilin, berjalan di atas balok kayu, dan berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya.

9. Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan lebih merupakan kemampuan dalam mengendalikan gerakan tubuh sesuai dengan sasaran yang ingin dicapai.

Seperti permainan olahraga bowling, memanah, menembak dan golf. Salah satu latihan untuk melatih ketepatan yaitu melempar bola pada keranjang atau sasaran tertentu.

10. Reaksi (Reaction)

Reaksi merupakan kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain. hal ini sangat dibutuhkan dalam permainan yang melibatkan tim.

Bentuk latihan kebugaran jasmani untuk melatih ketepatan reaksi adalah dengan lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Berikut ini 10 manfaat yg diperoleh dari kebugaran tubuh.

  1. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
  2. Meningkatkan stamina dan kakuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik
  3. Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan
  4. Memiliki respon tubuh yang tepat
  5. Mengurangi risiko obesitas
  6. Mencegah penyakit jantung
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi
  8. Mengatasi depresi
  9. Meningkatkan energi
  10. Terhindar dari osteoporosis (tulang keropos)



Kemudian yang menjadi fungsi dan tujuan utama dari latihan kebugaran jasmani ini adalah untuk:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Meningkatkan kelentukan persendian
  3. Meningkatkan kekuatan otot dan kecepatan
  4. Meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan fungsi jantung.
  5. Mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam kehidupan sehari-hari
Adapun Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang digunakan untuk mengukur tingkat kebugaran jasmani seseorang, yaitu:


  • Tes Denyut Nadi Maksimal (DNM)
  • Tes Harvard Step Test
  • Tes lari cepat 60 meter
  • Tes gantung siku tekuk (pull up)
  • Tes baring duduk (sit up)

Nah, dari penjelasan diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa semakin baik seseorang dalam mempola hidupnya maka akan semakin baik pula tingkat kebugaran jasmaninya. Dengan jasmani yang tetap terjaga bisa menjadi penopang keseimbangan rohani yang disana terdapat emosi yang harus tetap dijaga agar selalu seimbang.

Dan terakhir saya ingatkan! jangan sungkan untuk membagikan informasi ini kepada teman dan orang-orang disekitar Anda agar kemanfaatannya lebih luas.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Apa sih Perbedaan Sehat Dan Bugar?.. Yuk Temukan Jawabannya..!"

Silahkan Berlangganan Via Email