Pahala Pemberi dan Penerima Makanan Berbuka Puasa

Pahala Pemberi dan Penerima Makanan Berbuka Puasa di bulan Ramadhan kedudukannya sama disisi Allah. Inilah salah satu nilai utama ajaran puasa, mengingatkan manusia untuk saling memberi dan menerima kebaikan dari manusia yang lainnya.

Pahala Pemberi dan Penerima Makanan Berbuka Puasa

Ulama Tafsir Muhammad Quraish Shihab menyatakan bahwa kemuliaan di bulan Ramadhan di antaranya ialah memberi makan orang yang sedang berpuasa. Karena ketika kita memberikan makan kepada mereka yang berpuasa, pahalanya sama seperti orang yang sedang berpuasa.

“Bagi siapa yang memberi buka pada yang berpuasa, maka akan mendapatkan pahala yang sama besarnya dengan mereka yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun,” tutur Quraish Shihab dikutip NU Online, Senin (13/5) dalam program Mutiara Hati yang rutin tayang di stasiun televisi SCTV.

Lebih lanjut, Pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) itu menerangkan tentang tingkatan orang-orang yang berpuasa.

Tingkat pertama, adalah puasa roh, yakni dengan membatasi angan-angan palsu. Kedua, puasa akal dengan membatasi kegiatan nafsu. Ketiga, puasa anggota badan dengan membatasi makan, minum, dan seks.

Penulis Kitab Tafsir Al-Misbah ini juga mengajak seluruh umat Islam di Tanah Air untuk mengetuk pintu-pintu ilahi yang telah disiapkan Allah di bulan Ramadan.

“Salah satunya dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an atau aneka ilmu, berdoa dan beristighfar di waktu fajar, sebelum subuh, dan lain-lain,” terang ulama yang kini berusia 75 tahun itu.

Namun, tandasnya, sebelum mengetuk pintu ilahi, manusia hendaknya membuka pintu hati dengan memaafkan dan saling menghormati sesama.

“Jadikanlah bulan Ramadan bulan introspeksi, sekaligus bulan kasih sayang dan uluran tangan kepada yang membutuhkan,” pungkas Quraish Shihab. (Fathoni)

Artikel ini telah tayang di Nu Online
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Pahala Pemberi dan Penerima Makanan Berbuka Puasa"