Menelaah Tanda-tanda Munculnya Lailatul Qodar Dari Para Ulama Terdahulu

Dalam postingan kali ini kami ingin mengajak para pembaca untuk Menelaah Tanda-tanda Munculnya Lailatul Qodar Dari Para Ulama Terdahulu.

Sudah tidak asing lagi bila Malam Lailatul Qodar menjadi malam yang dirindu oleh setiap mu’min. Sebuah malam yang akan memberikan jawaban atas kemuliaan seseorang dihadapan Allah swt. Namun, tiada yang mengetahui kapankah malam lailatul Qodar itu datang?

Menelaah Tanda-tanda Munculnya Lailatul Qodar Dari Para Ulama Terdahulu

Malam Lailatul Qadar merupakan bagian dari peristiwa yang ghaib, sehingga tidak bisa ditebak kapan dia datang?, tanggal berapa dari bulan ramadhan? Atau malam apa?. Namun sebagian Ulama sholeh telah membagikan pengalamannya dalam kitab-kitab yang mereka tulis untuk menyampaikan tanda - tanda datangnya lailatul qadar yang mengambil referensi dari hadits Nabi Muhammad saw, mengani malam itu.

Yuk kita telaah hadits-hadits berikut ini!

فقد سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن علاملت ليلة القدر فقال هي ليلة بلجة اي مشرقة نيرة لاحارة ولا باردة ولاسحاب فيها ولامطر ولاريح ولايرمى فيها بنجم ولاتطلع الشمس صبيحتها مشعشة
Rasulullah saw pernah ditanya mengenai tanda-tanda lailatul qadar, maka beliau bersabda: yaitu malam yang terang dan bercahaya, udaranya tidak panas dan tidak dingin, tidak ada mendung tidak ada hujan, tidak ada gerak angin dan tidak ada bintang yang ditebar. Paginya matahari terbit dengan terang tapi tidak terlalu memancar. 

Selanjutnya Ubai Ibn Ka’ab menjelaskan dengan penuh keyakinan bahwa salah satu tanda datangnya malam lailatul qodar adalah terbitnya mentari pagi dengan sinar putih yang tidak terlalu menyorot

حدثنا محمد بن مهران الرازي حدثنا الوليد بن مسلم حدثنا الأوزاعي حدثني عبدة عن زر قال سمعت أبي بن كعب يقول وقيل له إن عبد الله بن مسعود يقول من قام السنة أصاب ليلة القدر فقال أبي والله الذي لا إله إلا هو إنها لفي رمضان {يحلف ما يستثني] ووالله إني لأعلم أي ليلة هي هي الليلة التي أمرنا بها رسول الله صلي الله عليه وآله وسلم بقيامها هي ليلة صبيحة سبع وعشرين وأمارتها أن تطلع الشمس في صبيحة يومها بيضاء لا شعاع لها .
''.......Ubay ibn Ka'b,dia berkata: "... demi Dzat yang tiada tuhan kecuali Dia, sungguh malam (Lailatul Qadar) itu ada dalam bulan Ramadhan. Demi A llah aku sungguh tahu kapan malam itu, yaitu malam yang kita diperintah oleh Rasulullah SAW untuk beribadah didalamnya, yaitu malam 27 yang bersinar. Adapun tanda-tandanya adalah matahari terbit pagi harinya dengan cahaya putih namun tidak ada sorotnya

Kemudian para ulama seperti Imam al-Ghazali dan yang lainnya menuliskan pengetahuan mengenai prediksi munculnya malam lailatul qodar dalam kitab-kitab yang mereka tulis. Seperti yang termaktub dalam kitab I’anatuththaalibiin juz II halaman 257,

قال الغزالي وغيره إنها تعلم فيه باليوم الأول من الشهر،
فإن كان أوله يوم الأحد أو يوم الأربعاء: فهي ليلة تسع وعشرين.
أو يوم الاثنين: فهي ليلة إحدى وعشرين.
أو يوم الثلاثاء أو الجمعة: فهي ليلة سبع وعشرين.
أو الخميس: فهي ليلة خمس وعشرين.
أو يوم السبت: فهي ليلة ثلاث وعشرين.

  • Apabila awal Ramadhan hari Ahad atau Rabu maka lailatul qadar malam 29
  • Apabila awal Ramadhan hari Senin maka lailatul qadar malam 21
  • Apabila awal Ramadhan hari Selasa atau Jumat maka lailatul qadar malam 27
  • Apabila awal Ramadhan hari Kamis maka lailatul qadar malam 25
  • Apabila awal Ramadhan hari Sabtu maka lailatul qadar malam 23 


 Kemudian dalam kitab Hasyiyah ash Shaawi ‘alal Jalaalain juz IV halaman 337, cetakan Daar Ihya al Kutub a ‘Arabiyyah mengungkapkan ;

فعن أبي الحسن الشاذلي إن كان أوله الأحد فليلة تسع وعشرين ، أو الإثنين فإحدي وعشري أو الثلاثاء فسبع وعشرين أو الأربعاء فتسعة عشر أو الخميس فخمس وعشرين أو الجمعة فسبعة عشر أوالسبت فثلاث وعشرين

  • Apabila awal Ramadhan hari Ahad maka lailatul qadar malam 29
  • Apabila awal Ramadhan hari Senin maka lailatul qadar malam 21
  • Apabila awal Ramadhan hari Selasa maka lailatul qadar malam 27
  • Apabila awal Ramadhan hari Rabu maka lailatul qadar malam 19
  • Apabila awal Ramadhan hari Kamis maka lailatul qadar malam 25
  • Apabila awal Raamadhan hari Jumat maka lailatul qadar malam 17
  • Apabila awal Raamadhan hari Sabtu maka lailatul qadar malam 23 


Selanjutnya tercatat dalam kitab Hasyiyah al Bajuri ‘ala Ibni Qaasim al Ghaazi juz I halaman 304 , cetakan Syirkah al Ma’arif terdapat penjelasan sebagai berikut!

وذكرو لذلك ضابطا وقد نظمه بعضهم بقوله
: وإنا جميعا إن نصم يوم جمعة ¤ ففي تاسع العشرين خذ ليلة القدر .
وإن كان يوم السبت أول صومنا ¤ فحادي وعشرين اعتمده بلا عذر
. وإن هل يوم الصوم في أحد ففي ¤ سابع العشرين ما رمت فاستقر
. وإن هل بالأثنين فاعلم بأنه ¤ يوافيك نيل الوصل في تاسع العشري
. ويوم الثلاثا إن بدا الشهر فاعتمد ¤ علي خامس العشرين تحظي بها فادر .
وفي الإربعا إن هل يا من يرومها ¤ فدونك فاطلب وصلها سابع العشري .
ويوم الخميس إن بدا الشهر فاجتهد ¤ توافيك بعد العشر
في ليلة الوتر .

  • Apabila awal Ramadhan hari Jumat maka lailatul qadar malam 29
  • Apabila awal Ramadhan hari Sabtu maka lailatul qadar malam 21
  • Apabila awal Ramadhan hari Ahad maka lailatul qadar malam 27
  • Apabila awal Ramadhan hari Senin maka lailatul qadar malam 29
  • Apabila awal Ramadhan hari Selasa maka lailatul qadar malam 25
  • Apabila awal Raamadhan hari Rabu maka lailatul qadar malam 27
  • Apabila awal Raamadhan hari Kamis maka malam ganjil setelah malam 20 


Lalu Al Hafizh Ibnu Katsir dalam tafsirnya juz IV halaman 846, beliau menuliskan bahwa;

ذكر أثر غريب ونبأ عجيب، يتعلق بليلة القدر، رواه الإمام أبو محمد بن أبي حاتم، عند تفسير هذه السورة الكريمة فقال 
حدثنا أبي، حدثنا عبد الله بن أبي زياد القَطواني،
حدثنا سيار بن حاتم، حدثنا موسى بن سعيد - يعني الراسبي- عن هلال أبي جبلة، عن أبي عبد السلام، عن أبيه، عن كعب أنه قال:إن سدرة المنتهى على حد السماء السابعة، مما يلي الجنة، فهي على حَدّ هواء الدنيا وهواء الآخرة، عُلوها في الجنة، وعروقها وأغصانها من تحت الكرسي، فيها ملائكة لا يعلم عدّتهم إلا الله، عز وجل، يعبدون الله، عز وجل، على أغصانها في كل موضع شعرة منها ملك. ومقام جبريل، عليه السلام، في وسطها، فينادي الله جبريل أن ينـزل في كل ليلة قَدْر مع الملائكة الذين يسكنون سدرة المنتهى، وليس فيهم ملك إلا قد أعطى الرأفة والرحمة للمؤمنين، فينـزلون على جبريل في ليلة القدر، حين تغرب الشمس، فلا تبقى بقعة في ليلة القدر إلا وعليها ملك، إما ساجد وإما قائم، يدعو للمؤمنين والمؤمنات، إلا أن تكون كنيسة أو بيعة، أو بيت نار أو وثن، أو بعض أماكنكم التي تطرحون فيها الخبَث، أو بيت فيه سكران، أو بيت فيه مُسكر، أو بيت فيه وثن منصوب، أو بيت فيه جرس مُعَلّق، أو مبولة، أو مكان فيه كساحة البيت، فلا يزالون ليلتهم تلك يدعون للمؤمنين والمؤمنات، وجبريل لا يدع أحدًا من المؤمنين إلا صافحه، وعلامة ذلك مَن اقشعر جلدهُ ورقّ قلبه ودَمعَت عيناه، فإن ذلك من مصافحة جبريل.

Menuturkan atsar yang gharib yang berkaitan dengan lailatul Qadar yang diriwayatkan oleh Imam Abu Muhammad ibn Abi Hatim ketika memberi tafsir surat ini ("INNAA ANZALNAAHU") ........... dari KA'AB, bahwasanya di malam Lailatul Qadar, Malaikat Jibril tidak menyisakan satupun dari orang-orang mukmin kecuali dia menjabat tangannya. Adapun tanda-tandanya ialah gemetar kulitnya (mrinding.Jawa), lembut hatinya dan air matanya mengalir. Itu adalah karena jabat tangan malaikat Jibril.

Menelaah Tanda-tanda Munculnya Lailatul Qodar Dari Para Ulama Terdahulu

ِApa yang telah disampaikan diatas bukanlah sebuah standar baku, namun sebagai pemompa semangat untuk lebih mendekat kepada yang Maha Kuasa. Bagaimanapun malam lailatul qodar merupakan rahasia Allah swt, yang hanya akan dibuka dan diberikan kepada hambaNya yang Ia kehendaki.

Semoga kita menjadi salah satu yang termasuk orang yang diberi kesempatan untuk bercengkrama dengan malam seribu bulan itu. Wallahu a'lam bish showab.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Menelaah Tanda-tanda Munculnya Lailatul Qodar Dari Para Ulama Terdahulu"