Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sipat Wujud

Pengertian Sipat Wujud | Salah satu yang penting dipahami oleh setiap muslim adalah makna sipat wujud pada Allah swt. Tujuan memahaminya sangat tegas, yaitu untuk meningkatkan kualitas keimanan setiap muslim dihadapan Allah swt.

Pengertian Sipat Wujud

Wujud merupakan keberadaan dari sesuatu dan bisa dinyatakan dengan; melihat, mendengar, meraba atau merasakannya dan melihat fakta-fakta yang menunjukan keberadaan sesuatu itu. Sipat wujud adalah sipat yang wajib bagi Allah swt.

Dalil 'Aqli

Ketika menjalani setiap detik kehidupan kita sebagai makhluk yang hidup dipermukaan bumi, tentu saja kita akan mendapati banyak hal dari perubahan; dari tiada menjadi ada, dari ada menjadi tiada, dari muda menjadi tua, dari basah menjadi kering, dari diam menjadi bergerak dan berbagai hal selalu berubah dari hari-ke hari. Selain perubahan, perbedaan segala sesuatu yang ada dialam ini; posisi, warna, arah bentuk dan lain sebagainya, ini mengalamatkan adanya satu kekuatan yang menempatkannya.

Semua perubahan dan perbedaan itu menunjukan bahwa keberadaan alam ini merupakan sesuatu yang baru. BARU (Huduts) adalah sesuatu yang ada setelah tiada. Segala sesuatu yang baru keberadaannya pasti relatif dan berada dalam kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Kemudian kemungkinan itu memerlukan sebuah kekuatan super yang bisa mempengaruhi, mengendalikan dan menyeimbangkannya.

Kekuatan super yang bisa mempengaruhi, mengendalikan dan menyeimbangkan keberadaan semua ini dijelaskan oleh baginda Nabi Muhammad saw; Diala Allah Ta'ala.

Oleh karenanya, sipat wujud (ada) merupakan sipat yang wajib bagi Allah Ta'ala.

Dalil Naqlinya

Banyak sekali ayat al-Qur`an yang menegaskan sipat wujud bagi Allah swt, diantaranya; Firman Alloh yang berbunyi:

أَلَّذِى خَلَقَ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضَ وَمَابَيْنَهُمَا …الاية
” Alloh Yang menciptakan berlapis-lapis langit dan bumi, dan setiap perkara yang ada diantara langit dan bumi” ( Surat As-Sajdah ayat : 4)

Sebagai makhluk, langit dan bumi beserta isinya tidak mungkin ada keculi karena ada yang menciptakannya, maka dalam ayat diatas, dengan tegas disebutkan bahwa yang mencipatakan keduanya besertas segala isinya adalah Allah SWT.

Kemudian Firman Alloh dalam surat Al-Mujadilah ayat : 7 :

مَا يَكُوْنُ مِنْ نَجْوٰى ثَلَاثَةٍ إِلَّا هُوَ رَابِعُهُمْ وَلَا خَمْسَةٍ اِلَّا هُوَ سَادِسُهُمْ وَلَااَدْنٰى مِنْ ذٰلِكَ وَلَا أَكْثَرَ إِلَّا وَهُوَ مَعَهُمْ أَيْنَ مَاكَانُوْا
"Tiada pembicaraan rahasia di antara tiga orang. melainkan Dia-lah yang keampat, dan tidaklah berlima melainkan Dialah yang Kenam. Dan tidak pula kurang dari demikian dan tidak lebih banyak melain- kan Dia ada serta mereka di mana saja mereka ada (oleh Ilmu-Nya)".

Demikian artikel dengan judul : Pengertian Sipat Wujud

Dengan mengenal sipat wujud dari sisi pengertian beserta dalilnya ini, diharapkan bisa menumbuhkan sebuah kesadaran yang meningkatkan keimanan kita kepada Allah swt, sehingga seiring waktu berlalu, keimanan kita membuahkan keutamaan yang melahirkan amal sholeh dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil

Tiada yang ada didunia ini, melainkan diadakan oleh yang maha ada; yakni Allah swt. Wallhu a'lam Bish Showab.

Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sipat Wujud"

Silahkan Berlangganan Via Email