Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Dengan 3 Hal Ini Manusia Mengenal Tuhan

Dengan 3 Hal Ini Manusia Mengenal Tuhan | Sebagai manusia yang memiliki akal pemikiran, maka dia melihat segala sesuatu dalam kehidupannya sebagai bagian yang terlahir dari kekuatan yang maha dahsyat. Kemudian kekuatan yang maha dahsyat ini disebut sebagai Tuhan.

Islam melalui Nabi Muhammad saw telah memperkenalkan bahwa Tuhan yang memiliki kekuatan yang maha dahsyat ini adalah Allah swt. Sehingga setiap manusia yang menerima apa yang diperkenalkan oleh Nabi dan mengikuti segala konsekwensinya, maka dia disebut sebagai Muslim karena dia telah Islam.

Dengan 3 Hal Ini Manusia Mengenal Tuhan

Hukum

Setiap mukallaf wajib mengenal Tuhannya (Allah swt) dari 3 hal yang berhubungan dengan Ilahiyat (ketuhanan) yaitu;

  1. Sipat Wajib bagi Allah
  2. Sipat Mustahil bagi Allah
  3. Sipat Jaiz bagi Allah
Mukallaf adalah seseorang yang sudah sampai pada usia 'akil balig (Dewasa), selamat panca indranya walau hanya pendengaran saja atau penglihatan saja. Sehingga dengan panca indra yang dimilikinya bisa menerima informasi mengenai ketuhanan Allah yang dibawa oleh Baginda Nabi Muhammad saw.

Ma'rifat merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui akal hingga melahirkan keyakinan kepada Tuhannya berdasarkan pada dalil, baik naqli maupun aqli. Golongan sufi memahami "ma'rifat" ini sebagai mengenal Allah swt dari jarak yang sangat dekat dan hampir tidak ada batasnya.

Oleh karena itu setiap muslim yang sudah sampai pada ukuran mukallaf memiliki kewajiban ma'rifatullah (mengenal Allah) melalui 3 persoalan; sipat apa saja yang wajib bagi Allah?, sipat apa saja yang mustahil pada Allah? dan sipat apa yang jaiz (relatif) bagi Allah?

Mengetahui jawaban dari 3 persoalan diatas baik secara rincian ataupun secara garis besarnya, maka hal itu telah menjadikan seseorang sebagai orang yang telah ma'rifatullah. Namun, orang yang mengetahuinya secara rinci sudah dipastikan memiliki martabat yang lebih tinggi dibanding yang mengetahuinya secara garis besar saja.

Dengan 3 Hal Ini Manusia Mengenal Tuhan

Ma'rifatullah secara garis besar (IJMAL) berarti meyakini bahwa Allah Ta'ala disifati dengan segala kesempurnaan, tidak ada kekurang setitikpun padaNya dan meyakini bahwa Allah bebas mengerjakan atau meninggalkan setiap hal yang mungkin.

Kemudian ma'rifatullah dengan mengetahui sifat-sifatnya secara rinci (tafshili) berarti mengetahui rincian sifat Allah yang wajib bagiNya, sifat yang mustahil bagiNya dan sifat yang jaiz bagiNya lengkap dengan dalil. 

Semoga kehidupan singkat kita didunia ini, bisa kita lewati dengan akhir derajat yang setinggi-tingginya disisi Allah swt. Wallahu a'lam bish showab.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Dengan 3 Hal Ini Manusia Mengenal Tuhan"

Silahkan Berlangganan Via Email