Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 8 Hal ini Untuk Memahami Sumber Rezeki

Kenali 8 Hal ini  Untuk Memahami Sumber Rezeki yang datang kepada seluruh makhluk Allah swt, termasuk kepada kita. Hal ini penting agar tidak ada kekeliruan dalam memaknai rezeki yang didapatkan sehingga kita mampu mensyukurinya.

Mensyukuri rezeki yang didapatkan adalah wajib hukumnya bagi kita selaku muslim, agar rezeki yang didapat semakin barokah dengan nilai tambah yang bermanfaat untuk keselamatan hidup kita selama didunia dan setelah kita kembali ke akhirat.

Kenali 8 Hal ini  Untuk Memahami Sumber Rezeki

Ada 8 pintu rezeki yang menjadi sumber keluarnya hingga sampai ditangan kita, sehingga bila kita sudah memiliki semuanya maka ini menjadi alasan mengapa kita disebut sebagai orang kaya dan sejahtera hidupnya.

1.Rezeki Yang Telah Dijamin.
Siapapun kita, tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa kita tidak memiliki rezeki, tidak mendapaat rezeki atau apalah apalah... karena kita semua sudah otomatis diberi rezeki oleh Allah swt. sekalipun kita tidak melakukan sesuatu sebagai ikhtiarnya.

Mata misalnya, dia akan membawa kita pada sesuatu yang bisa kita lihat. ketika kita bisa melihat dengan mata kita, apapun yang kita lihat itu, maka itulah rezeki kita.

‎وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ
"Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya."
(Surah Hud : 6).

2. Rezeki Karena Usaha.
Semua orang pasti memiliki keinginan didalam hidupnya, untuk mewujudkan keinginan itu maka setiap orang diharuskan melakukan sesuatu sebagai upaya. Usaha merupakan bagian dari upaya untuk mengambil rezeki dan apa yang diupayakanya baik dalam bentuk madarat maupun manfaat akan kembali kepada pelakunya.
‎وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
"Tidaklah manusia mendapatkan apa-apa kecuali apa yang dikerjakannya."
(Surah An-Najm : 39).

3. Rezeki Karena Bersyukur.

‎لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu."
(Surah Ibrahim : 7).

4. Rezeki Tak Terduga.

‎وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا( ) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
"Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya."
(Surah At-Thalaq : 2-3).

5. Rezeki Karena Istighfar.

‎فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا ( ) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُم مِّدْرَارًا
"Beristighfarlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, pasti Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyak harta.”
(Surah Nuh : 10-11).

6. Rezeki Karena Menikah.

‎وَأَنكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِن يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِن فَضْلِهِ
"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahayamu baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan kurnia-Nya."
(Surah An-Nur : 32).

7. Rezeki Karena Anak.

‎وَلَا تَقْتُلُوا أَوْلَادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلَاقٍ نَّحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإِيَّاكُمْ
"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.”
(Surah Al-Israa' : 31).

8. Rezeki Karena Sedekah

‎مَّن ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.”
(Surah Al-Baqarah : 245).

Penjelasan diatas secara tidak langsung mengarahkan kita untuk berpikir terbuka dalam masalah rezeki yang kita dapatkan.

Dengan pemikiran terbuka dalam masalah sumber rezeki ini diharapkan bisa menjadikan kita sebagai orang yang mampu mensyukuri ni'mat yang diberikan Allah, kapanpun dan dimanapun. Wallahu a'lam bish showab.
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Kenali 8 Hal ini Untuk Memahami Sumber Rezeki"

Silahkan Berlangganan Via Email