Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jangan pernah jauh dari ulama dan kiai

Jangan pernah jauh dari ulama dan kiai - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan yang diselenggarakan Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (22/11) malam.

Jangan pernah jauh dari ulama dan kiai

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak kepada seluruh anggota Ansor untuk senantiasa menjaga marwah ulama. "Jangan pernah jauh dari ulama dan kiai," kata dia.

Ditambahkan dia, setiap anggota GP Ansor sudah semestinya untuk meletakkan kepentingan bangsa serta syiar Islam di atas kepentingan pribadi. "Selalu bermunajat kebaikan untuk kedamaian, kesejahteraan, dan kemakmuran," ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidato sambutannya, Ketua PP GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut), menegaskan GP Ansor menolak digunakannya agama sebagai alat politik.

"GP Ansor menolak kelompok yang mengklaim kebenaran tunggal, dan menyalahkan keyakinan kelompok lain yang tak sejalan dengan mereka!" tegas Gus Yaqut.

Lebih lanjut dikatakn Gus Yaqut, bangsa Indonesia harus waspada, dengan pola gerakan intoleransi dan radikalisme yang sudah dipraktikkan kelompok teroris berkedok agama di sejumlah negara lain. "Inti dari ajaran Islam adalah rahmah atau kasih sayang," kata dia.

Pesan rahmah ini pula yang mendasari kiai-kiai yang menyatakan bahwa NKRI adalah rumah bersama yang harus dijaga.

Selain pembacaan doa dan pidato, terdapat beberapa rangkaian acara, antara lain teater yang menampilkan sejarah terbentuknya NU dengan latar belakang konflik di tanah Hijaz; momen sumpah pemuda; proklamasi kemerdekaan; fatwa Resolusi Jihad; dan perlawanan 10 November.

Berita ini telah tayang di http://www.nu.or.id dengan judul : Inti Ajaran Islam Adalah Kasih Sayang link : http://www.nu.or.id/post/read/99374/inti-ajaran-islam-adalah-kasih-sayang
Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Jangan pernah jauh dari ulama dan kiai"

Silahkan Berlangganan Via Email