Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Hati Yang Penting Anda Miliki

Untuk mengatasi hati yang sakit karena resah dan gelisah, gundah dan gulana dan lainnya, maka ada Obat Hati Yang Penting Anda Miliki demi mengatasi serangan penyakit hati yang muncul diwaktu-waktu yang kadang tidak pernah kita duga sebelumnya.

Obat Hati Yang Penting Anda Miliki

Terkait bagaimana cara mengobati hati yang sakit, sedih, gelisah, merana dan lain-lain, Imam nawawi memberikan jawaban yang sangat penomenal. Dalam kitabnya (at-Tibyan Fii Adabi Hamalatil Qur`an) Imam Nawawi memberikan penjelasan terkait 5 hal yang menjadi obat hati. Dimana ke 5 hal tersebut merupakan wasiat dari Ibrahim Al-khowash.

Dalam kitab itu disebutkan bahwa; Ibrahim al-khowash mengatakan; Obat Hati itu ada 5 perkara;
  1. Membaca al-Qur`an dengan Tadabbur. Atau dengan kata lain merenungkan apa yang dikandung didalam al-Qur`an yang kita baca. Sehingga setiap halnya dari yang kita baca bisa memomotivasi diri kita, sehingga menyadari dan memahami apa yang menjadi sebab dari keresahan dan kegelisahan hati yang kita alami.
  2. Rajin Berpuasa. Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dicintai oleh Allah swt, sehingga pahalanyapun hanya Allah yang tahu. Dengan perut kosong, semangat spiritual seseorang akan tinggi dan dari sinilah pengendalian hati agar selalu seimbang di mulai.
  3. Melaksanakan shalat malam. Apapun sholatnya, tahajud, hajat dan lain sebagainya merupakan bentuk kepasrahan kepada Allah swt yang dilakukan dengan sangat tulus. Dari ketulusan ini akan menanamkan karakter ikhlas yang bisa menahan hati dari serangan penyakit batin seperti yang disebutkan di atas.
  4. Banyak berdzikir dan berdo'a kepada Allah swt. Mengingat Allah yang maha besar akan memberikan pandangan kepada hati, betapa segala hal yang wujud dalam kehidupan dunia ini semuanya ada dalam kekuasaan Allah serta tunduk kepadaNya. Begitu pula hati kita, akan tunduk dihadapan Allah swt. Sambil berdzikir maka berdoa kepadaNya memohonkan kekuatan untuk hati akan memberikan kebaikan tersendiri bagi hati kita.
  5. Sering menghadiri kumpulan orang-orang yang sholeh. Artinya meluaskan pergaulan dengan mereka yang memiliki pemikiran positif yang selalu memotivasi pemikiran serta mendorong hati kita untuk mengomando pada perbuatan - perbuatan yang didalamnya ada kebaikan.
Al-qur`an yang diturunkan Allah itu, sudah dilengkapi dengan obat hati yang sangat mujarab bagi mereka yang mau tunduk dan mematuhi secara disiplin mengenai apa yang diperintahkan dan dilarang didalamnya.

Didalam puasa ada pesan moral mengenai keperdulian terhadap sesama, dimana tarap kehidupan setiap orang itu sangat bertingkat. Namun, dalam tingkatan manapun maka hanya bentuk keperdulian terhadap sesama itulah yang akan membawa seseorang pada tingkat kemanusiaan yang sesungguhnya.

Memasrahkan diri dihadapan Allah swt sambil ruku dan sujud dalam sholat kita, merupakan bagian penting dari mencegah atau mengobati hati dari segala macam sakit. Dimana sakit hati selalu diawali dari kecongkakan dan kesombongan, entah disengaja ataupun tidak disengaja.

Dikeheningan malam, disaat banyak orang terbuai dalam lelap mimpi-mimpinya ada keheningan sejati yang bisa membawa hati ke titik terfokus dalam perenungan dan pemusatan fikir. Sehingga ada sentuhan yang terfokus untuk hati.

Pergaulan adalah hal yang paling mempengaruhi karakter hati, maka memilih pergaulan yang bisa memotivasi kita kepada kebaikan itulah yang penting kita lakukan.

Itulah obat hati yang penting anda miliki, agar kehidupan kita lebih terarah dalam segala hal yang kita lakukan dan kita tuju, terutama tujuan untuk menggapai keridhaan dari Allah swt. Wallahu a'lam bish-showab.


Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Obat Hati Yang Penting Anda Miliki"

Silahkan Berlangganan Via Email