Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Jangan Berhenti Berdo'a dan Berusaha Dalam Keadaan Apapun

Jangan Berhenti Berdo'a dan Berusaha Dalam Keadaan Apapun - Do’a serta usaha merupakan kemampuan ummat muslim lantaran do’a serta memperlihatkan kedekatan seseorang hamba pada tuhan-Nya dan merupakan implementasi dari kepercayaan pada Tuhan-Nya.

Jangan Berhenti Berdo'a dan Berusaha Dalam Keadaan Apapun

Ulama sufi menyampaikan kalau orang yang tidak ingin berdo’a serta lebih memercayakan usahanya, maka ia sudah terjerat dalam kesombongan, sedang orang yang memercayakan do’a juga meremehkan usahanya merupakan orang yang bodoh.

Tentang usaha serta do’a, mengaca pada beberapa cerita ummat terdahulu merupakan satu diantara ibrah yang bisa di ambil oleh kita yang ada di zaman sekarang ini. Satu diantara cerita itu adalah cerita Ibunda Nabiyullah Musa AS yang bermunajat pada Allah SWT supaya dikaruniai keturunan wanita supaya terlepas dari kekejaman Fir’aun. Tetapi kehendak Allah berkata lain, Ibunda Nabiyullah Musa AS melahirkan beliau AS ketika tahun di mana Fir’aun memerintahkan pasukannya untuk membunuh seluruh bayi lelaki waktu itu.

Dalam cerita itu sepintas Allah SWT tak mengabulkan munajatnya ibunda Nabiyullah Musa AS, tetapi saat kita dapat ambil ibrah darinya, maka bisa kita kenali bersama-sama kalau dengan lahirnya Nabiyullah Musa AS, maka kerajaan Fir’aunpun roboh. Hal semacam ini memperlihatkan kalau do’a ibunda Nabiyullah Musa AS yang cuma inginkan anak wanita demi terlepas dari kekejaman Fir’aun, tetapi Allah SWT tentukan ketetapan yang tidak sama bahkan juga bukan sekedar terlepas dari kekejaman Fir’aun, namun juga meruntuhkan kekuasaan Fir’aun serta membebaskan Bani Israil.

Cerita itu membuktikan bahwa semestinya kita jadi hamba jangan sampai berputus harapan untuk selalu berdo’a pada Allah SWT. Oleh karenanya, bersabarlah dalam bermunajat lantaran apa yag kau munajatkan tentu didengar oleh Yang Maha Mendengar. Bersabarlah juga atas jawaban Allah SWT dari semua do’amu lantaran Dia bakal membalas sesuai dengan kebutuhanmu, bukanlah hasratmu. Allah bakal membalasnya pada saat yang Dia pastikan maupun menggantinya dengan pahala yang baik untukmu. Karenanya, jangan sampai berputus harapan untuk selalu bermunajat kepada-Nya.


Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Jangan Berhenti Berdo'a dan Berusaha Dalam Keadaan Apapun"

Silahkan Berlangganan Via Email