Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita - Begitu banyak manfaat hikmah puasa di bulan suci Ramadan bagi kesehatan tubuh setiap orang yang telah dibuktikan dengan banyaknya penelitian mengenai manfaat puasa ramadhan untuk kesehatan.

Inilah Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Berikut ini kami rangkum informasi mengenai sebagian manfaat berpuasa ramadhan untuk kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

Meningkatkan Perlindungan Kesehatan

Dengan berpuasa Ramadhan selama 1 bulan penuh maka kita selaku umaat Islam yang melaksanakannya akan banyak medapatkan kegunaan dari manfaat berpuasa untuk kesehatan kita sendiri.

Maka dengan adanya kegiatan puasa ini, secara tidak langsung manfaat puasa bagi kesehatan adalah mengistirahatkan organ pencernaan kita dari kelelahan bekerja yang terus menerus dalam 11 bulan, dan juga membantu mengeluarkan sisa makanan dari dalam tubuh, sehingga bisa kembali memperkuat ketahanan badan.

Selain itu, manfaat manfaat puasa bagi kesehatana antara lain adalah sangat membantu dalam proses menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan juga mengendalikan tekanan darah. serta juga membantu dalam proses membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak di perut.

Smart Detox Bagi Kesehatan Tubuh

Puasa merupakan terapi detoksifikasi yang paling tua dalam sejarah peradaban manusia bahkan sebagai smart detox untuk mengendalikan keseimbangan kesehatan tubuh. Dengan puasa, berarti kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh kita sehingga hal ini akan menghasilkan enzim antioksidan yang dapat membersihkan zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh.

Ini adalah bagian dari hubungan puasa dengan kesehatan. Karena memang dengan kesehatan kita bisa menjalankan aktifitas hidup kita dan bisa melaksanakan ibadah dengan lebih baik dan optimal.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Psikologis

Manfaat puasa bagi kesehatan mental psikologis kita salah satunya adalah bahwa kondisi mental emosi kita akan lebih terjaga dan terkontrol dengan lebih baik lagi. Keadaan ini akan membantu dalam penurunan tingkat adrenalin dalam tubuh.

Dalam hal ini puasa akan memberikan dampak dan pengaruh adrenalin. Yang mana bila tidak di kendalikan maka dengan tidak terkendalinya adrenalin akan menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah.

Berbagai hal tersebut ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak seperti jantung koroner, stroke dan lainnya.

Maka, berpuasalah sebagai solusi untuk mencegah tumbuhnya penyakit berat didalam tubuh kita.

Menjaga Kadar Gula Darah

Manfaat lain dari puasa bagi kesehatan tubuh kita adalah bisa membantu dalam proses menurunkan kadar gula darah, kolesterol dan juga mengendalikan tekanan darah. Itulah mengapa dalam satu sisi, puasa sangat dianjurkan bagi perawatan mereka yang menderita penyakit diabetes, kolesterol tinggi, kegemukan dan darah tinggi.

Tentunya hal ini juga harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan tenaga medis yang tentunya berkompeten bila kita mempunyai suatu penyakit.

Semoga Informasi mengeai manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita kali ini, bisa menyemangati Anda untuk lebih fokus menjalanka ibadah puasa pada Ramadhan 2018 ini. Sehingga tidak hanya impian untuk keselamatan akhirat saja yang kita perjuangkan, juga keselamat dunia yang harus kita wujudkan sebagai bagian dari ibadah kita kepada Allah swt. Wallahu a'lam bish showab.

Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Silahkan Berlangganan Via Email