Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kekurangan Pada Diri Kita

Cara Mengetahui Kekurangan Pada Diri Kita - Sebagai manusia yang tak lepas dari berbuat salah dan maksiat, kita pun pasti memiliki aib yang kemungkinan besarnya tidak disadari. Sebagian besar orang bahkan menganggap bahwa aib merupakan suatu keburukan yang orang lain tak boleh mengetahuinya.

Inilah Cara Mengetahui Kekurangan Pada Diri Kita

Padahal di dalam islam, mengetahui aib diri sendiri merupakan salah satu cara untuk memperbaiki akhlak agar menjadi lebih baik lagi. Dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin, Imam Ghazzali memberikan arahan mengenai cara agar kita bisa mengetahui aib dalam diri sendiri, sehingga menjadi motivasi dan bisa timbul keinginan untuk memperbaiki setiap aib atau kekurangan yang dimiliki.

Rasulullah SAW pun bersabda bahwa
“Jika Allah SWT menginginkan kebaikan seorang hamba, maka Ia akan memperlihatkan aib orang tersebut kepada dirinya”

Sebenarnya banyak sekali cara untuk memahami kekuarang diri atau aib diri, namun disini setidaknya ada 3 hal pokok yang harus di pahami mengenai cara yang dapat dilakukan oleh kita yang sangat ingin mengetahui aib dalam diri, yaitu :

1. Duduk dihadapan seorang Guru
Hal pertama yang dapat dilakukan agar kita dapat mengetahui aib dalam diri adalah dengan mengikuti kajian ustad ataupun guru dalam suatu majlis, bahkan dalam wilayah tasawuf seorang murid harus melaksanakan perintah syeikhnya selama dia tidak diperintahkan untuk bermaksiat ataupun hal yang diharamkan. Hal ini karena seorang syeikh secara tak langsung akan memperhatikan adab serta aib seorang muridnya hingga mengetahui apa yang tidak diketahui muridnya.

2. Meminta seseorang berilmu untuk memperhatikan atau mengawasi dirinya.
Seandainya egkau tak mampu mencari atau mendekati syeikh, maka cara selanjutnya yang bisa ditempuh adalah memilih teman yang berilmu dan shaleh serta terjaga lisannya. Hal ini dilakukan agar dia dapat memberikan peringatan atas kejelekan-kejelekan yang ada pada dirimu. Hal ini banyak diamalkan oleh tokoh-tokoh besar islam salah satunya adalah Umar bin Khattab.

3. Dengarkan ucapan para pendengki
Seandainya engkau tidak mampu menjumpai syeikh ataupun ustad yang mampu memberikan nasihat ataupun teman yang tidak memperingatkanmu mengenai kejelekan yang ada pada dirimu, maka cara terakhir adalah dengarkanlah ucapan orang-orang yang dengki dan membencimu. Cara ini paling ampuh bagi mereka yang tidak hanya ingin mengetahui aib dirinya dari umpatan orang tersebut, tapi juga untuk melatih kesabaran diri. Ketahuilah ! marah kepadanya akan menutup pintu untuk mengetahui aibmu, oleh karena itu manfaatkanlah umpatannya demi mengetahui aibmu.

Semoga kita semua selalu diberikan pandangan yang jelas mengenai siapa diri kita didalam kehidupan ini. Sehingga kita bisa semakin mengerti status kita selama berada didunia ini. Wallhu a'lam bis showab.

Disarikan dari kitab Ihya ‘Ulumuddin

Asep Rois
Asep Rois Memandang masa depan itu harus melibatkan kebaikan dalam prasangka. Kemudian melangkah dalam jalur proses dengan penuh keyakinan pada kemampuan diri sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Kekurangan Pada Diri Kita"

Silahkan Berlangganan Via Email