10 Tips Persiapan Bisnis Selama Bulan Ramadhan

10 Tips Persiapan Bisnis Selama Bulan Ramadhan - Sebentar lagi seluruh umat muslim akan menyambut bulan Ramadan. Pada bulan yang penuh berkah itu biasanya banyak orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengambil peluang bisnis.

10 Tips Persiapan Bisnis Selama Bulan Ramadan 2018

Pemikiran untuk menjadi pengusaha sudah menjadi tren di semua kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar. Diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha.

Mengutip dari situs resmi cermati.com, Scott Gerber seorang pengusaha muda Amerika Serikat bisa meraih kesuksesannya. Berikut ini adalah 10 tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula ala Scott Gerber yang juga penulis itu.

1. Fokus pada satu peluang bisnis

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia maya, saat ini seakan-akan semua hal dapat menjadi peluang bisnis. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan. Di sisi lain banyak orang yang malah mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan.

Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang. Akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Dengan berfokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal itu akan memudahkan dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

2. Lakukan hal yang kamu sukai

Dalam melakukan apapun juga, seseorang akan melakukan apa yang dia sukai. Cara itu membuat seseorang akan mengerjakan sepenuh hati. Segala hal yang dilakukan tanpa paksaan akan menghasilkan yang maksimal. Oleh karena itu, banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini.

Namun bagi yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh.

Hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis yakni berdasarkan hobi. Jika hobi fotografi, makan bisa mulai menjual perlengkapan kamera. Dengan begitu, hobi terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

3. Kuasai segalanya tentang bisnis yang sedang digeluti

Investor sangat jarang menanamkan modalnya tempat bisnis pemula. Akan tetapi peluang investasi itu sebenarnya dapat diperoleh jika pebisnis itu menguasai usaha yang digeluti. Dengan menguasai dan bisa menjelaskannya ke pihak luar, investor dengan sendirinya bersedia ikut berinvestasi.

4. Selalu mau belajar dari orang lain

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal. Maka itu, sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain.

Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, pebisnis pemula itu dapat mengambil banyak pelajaran.

Pilihlah mentor, teman, atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasihat. Mereka akan bisa menjadi tempat berdiskusi tentang hal-hal yang diperlukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

5. Hiduplah dengan sederhana

Lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha. Mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan. Hiduplah dengan pandangan bahwa pemula itu sedang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, pebisnis pemula akan lebih menikmati proses menuju sukses. Segala hal yang diimpikan akan datang pada saatnya.

6. Belajar dari kegagalan

Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada dua pilihan dalam menentukan kesuksesan. Mau untuk maju atau diam. Jika ingin maju, maka harus siap untuk menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang direncanakan akan selalu berjalan lancar sesuai keinginan. Justru dengan kegagalan akan mengajarkan untuk menjadi orang yang sukses nantinya.

Ketika gagal, jangan putus asa. Terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik loh!

7. Tunjukan bahwa konsep bisnis yan digeluti adalah yang terbaik

Yakinlah bahwa tidak ada investor yang mau berinvestasi dalam bisnis pemula. Pasalnya mereka belum tahu standar dari konsep bisnis pemula itu. Oleh karena itu, tunjukkan konsep bisnis itu akan sangat menguntungkan bagi para investor.

Jalankan konsep bisnis dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Ketika kamu sudah menunjukkan bahwa konsep kamu yang terbaik, lalu percayalah bahwa para investor yang akan mencari kamu.

8. Jagalah kesehatan

Untuk sukses memang harus bekerja keras, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan. Sebab sehat adalah tanggung jawab pribadi. Dengan menjaga kesehatan, percayalah apapun yang dikerjakan akan lebih produktif. Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan.

Bayangkan jika Anda baru menjalani bisnis tapi jatuh sakit. Anda tidak akan bisa melakukan sesuatu dengan sempurna. Kesehatan memberi Anda kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan.

9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata

Perhatikan apa yang dikatakan. Katakan hal yang mampu dilakukan. Jangan terlalu banyak bicara tapi tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang bisa dilakukan melalui tindakan. Bukan melalui kata-kata. Dengan bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerja Anda. Speak less, do more, right?

10. Tahu kapan harus berhenti berusaha

Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berhenti berusaha. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah. Terkadang ada hal-hal yang memaksa seseorang untuk berhenti, jika tidak berhenti seseorang itu akan semakin terpuruk.

Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang dimulai tidak membawa kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kamu menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.
(mys/JPC)

Source:
Berita ini telah tayang di https://www.jawapos.com/ dengan judul : 10 Tips Memulai Peluang Bisnis Saat Ramadan Tiba
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "10 Tips Persiapan Bisnis Selama Bulan Ramadhan "