Keutamaan dan Hikmah Pada Bulan Rajab

Keutamaan dan kemuliaan bulan Rajab yang didalam Islam termasuk juga ke dalam sebagian bulan yang Haram (Bulan Mulia) pastinya juga memiliki pengaruh pada amalan-amalan yang di laksanakan pada Bulan Rajab pula untuk  umat muslimin yang mengerjakannya.

Keutamaan dan Hikmah Pada Bulan Rajab

Bln. Rajab merupakan awal dari rangkaian tiga bln. yang dinyatakan istimewa dan mulia dalam Islam, yaitu Rajab, Sya`ban dan Ramadhan.


Melaksanakan ibadah dengan beragam amalan yang baik menurut syari'at serta memanglah di sarankan pada bln. Rajab memiliki ganjaran pahala yang demikian besar, terutama dengan berpuasa serta beristighfar dan bertaubat dari dosa-dosa.

Pada malam pertama bln. Rajab yang disebut malam istimewa karena tiap-tiap doa yang dilayangkan mempunyai kesempatan yang demikian besar untuk diterimanya pada malam hari ini. Basic dan dalilnya yakni seperti di bawah ini :
" Ada lima malam saat doa di malam-malam itu tidak ditolak yakni malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya'ban, malam Jum'at, malam `Idul Fitri, serta malam nahar (Idul Adha). " 
Keutaamaan Bulan Rajab 

Bulan Rajab adalah satu diantara beberapa bulan haram (bulan yang dimuliakan) dalam islam. Ia merupakan bulan yang ke tujuh dalam kalender islam atau kalender hijriyah. Beberapa dari kita menyambutnya dengan berdoa serta membuat bulan ini menjadi momentum menyiapkan diri untuk menyongsong Ramadhan.


Dengan masuk kedalam bln. Rajab, ini menandakan bahwa datangnya bln. Ramadhan telah dekat. Agar kelak di bulan Ramadhan itu kita dapat memfungsikannya sebaik-baiknya dengan cara memperbanyak melakuakan peribadatan yang khusu, yang persiapannya mesti dikerjakan sejak jauh-jauh hari, terlebih waktu masuk bln. Rajab.



Rajab juga menjadi satu diantara empat bulan haram (Mulia di sisi Allah swt), yakni beberapa bulan yang dimuliakan oleh Allah. Ke empat bulan haram itu yaitu; Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, serta Rajab. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan Ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa." (QS At-Taubah: 36)
Dari penjelasan diatas kita bisa mengambil pelajaran, bahwa Keutamaan dan Hikmah Pada Bulan Rajab yaitu ada derajat yang membedakan keutamaan setiapa bulan dalam satu tahun. Rajab, Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Nah pada bulan-bulan ini juga kita di anjurkan lebih meninggkatkan ibadah kita. wallahu a'lam.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Keutamaan dan Hikmah Pada Bulan Rajab"