Pengelolaan sampah oleh warga Desa, sangat penting dilakukan

Bagi orang kota yang lingkungannya ada dalam jangkauan Dinas Kebersihan pasti tidak perlu repot-repot lagi untuk mengelola sampah yang dihasilkan dari aktivitas didalam keluarganya. Yang harus dilakukan hanya tinggal mengumpulkan dan membuangnya ke tempat sampah yang telah disediakan oleh petugas Dinas Kebersihan tepat didepan rumahnya. Setelah itu, setiap hari akan ada petugas yang datang untuk mengangkut sampah tersebut. Nyaman bukan?.

Berbeda dengan wilayah-wilayah yang tidak terjangkau oleh Dinas Kebersihan. Seperti wilayah-wilayah di pedesaan, kendati sampah yang dihasilkan dari aktivitas warga desa tidak sebanyak dengan sampah yang dihasilkan warga kota, namun setiap warga di desa sangat dituntut memiliki kemandirian dalam mengendalikan sampah yang dihasilkan dari setiap aktivitas yang dilakukannya. Sehingga pengelolaan sampah oleh warga Desa, sangat dibutuhkan. Bila tidak terkelola dengan benar, sedikit demi sedikit sampah itu akan menciptakan masalah.

Pengelolaan sampah oleh warga Desa, sangat penting dilakukan

Pengelolaan sampah di pedesaan seutuhnya diserahkan kepada masyarakat sendiri. Tetapi, bisa dilihat faktanya, bahwa pemahaman masyarakat desa tentang sampah ini masih sangat minim. Kebanyakan warga memiliki anggapan bahwa dengan membuang sampah ke selokan sebagai solusi. Atau membuang sampah dilokasi yang kebetulan orang-orang sering membuang sampah disana, tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi dikemudian hari bila sampah sudah menumpuk juga sebagai solusi.

Memahamkan masyarakat pedesaan tentang sampah sudah sangat penting dilakukan. Mengingat laju pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat akan mendorong pada produksi sampah yang juga pesat meningkat. Bila tidak dilakukan maka akan membuat permasalahan sampah desa semakin rumit.

Mengadakan pembinaan tentang masalah sampah dan dampaknya bagi lingkungan adalah langkah paling awal yang harus diberikan kepada warga desa, sebelum dilanjutkan pada penyuluhan terkait cara pengelolaannya. Warga desa harus paham bahwa menjaga-lingkungan-hidup-adalah-kunci-dari-kesejahteraan

Kemudian peran pemerintah Desa pada tahap ini sangat penting. Mendorong masyarakat untuk mulai berpikir, bahwa sampah adalah sesuatu yang tidak bisa disepelekan, karena bisa menjadi masalah yang mengganggu kenyamanan lingkungan pedesaan. Pesan mengenai dampak pada kesehatan dari masalah sampah serta permasalahan menyangkut etika dan estetika harus terus ditekankan kepada semua warganya oleh pemerintahan Desa. Sampai menimbulkan kesadaran warga untuk mulai berani mengelola sampah yang dihasilkan dari aktivitasnya.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Pengelolaan sampah oleh warga Desa, sangat penting dilakukan"