Al-Qur`an, Nama dan Sifatnya

Al-Qur'an adalah sebuah nama dari salah satu kitab yang diturunkan Allah swt. kedunia ini sebagai petunjuk sekaligus pedoman bagi umat manusia guna dapat menjalani kehidupannya didunia ini dengan baik. Baik dalam arti bisa memaksimalkan fungsi kemanusiaannya sebaga kholifah atau pemimpin yang memiliki akhlak untuk segala bentuk kehidupan dimuka bumi ini. Selain itu, agar manusia sadar bahwa kehidupan dunia ini adalah kehidupan yang akan berakhir dan digantikan selanjutnya dengan kehidupan akhirat yang tanpa akhir.


Al-Qur'an menurut bahasa adalah bacaan atau sesuatu yang dibaca. Namun syaria'at menegaskan pengertian al-Qur'an ini dengan; Kitab yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. berisi petunjuk dan peringatan serta hukum-hukum. Yang menjadi ibadah bagi orang yang membacanya serta merupakan mukjizat paling agung yang diturunkan Allah swt ke muka bumi ini.

Pengertian al-qur'an, nama dan sipatnya

Satu ayat atau dua ayat, satu surat atau dua surat, satu juz atau dua juz atau 30 juz orang yang membaca al-qur'an sama-sama sudah menjadi pembaca al-Qur'an. Sehingga bila ada seseorang yang membacanya kendati hanya satu ayat saja maka dia bisa disebut sebagai orang yang sedang membaca al-qur'an. Tidak hanya pembaca yang memiliki derajat kebaikan disisi Allah swt. namun, orang yang mendengarnya dengan penuh ketulusan pun akan mendapatkan rahmat dari Allah swt. Itulah yang ditunjukan oleh al-qu'an.
"Apabila al-qur'an dibaca maka kalian dengarkanlah dia dan diamlah supaya kalian dirahmati" (Al-a'raf: 204)
Sebagian 'ulama memberikan pengertian yang lebih khusus untuk al-Qur'an ini dengan; "Firman Allah swt. sebagai mukjizat yang diturunkan kepada sesorang yang merupakan Nabi dan Rasul Allah yang terakhir melalui perantaraan malaika Jibril, yang ditulis dalam lembaran-lembaran kertas, yang sampai kepada kita dengan jalan mutawatir, yang menjadi ibadah apabila dibaca, yang diawali dengan al-Fatihah dan ditutup dengan an-Nas" (Ulumul Qur'an:2)

Nama-Nama Al-Qur'an

Disamping Al-Qur'an ada nama-nama lain yang disematkan untuk menamai kitab yang paling akhir diturunkan ke bumi ini. Hal tersebut termaktub disebagian ayat yang terdapat dalam al-Qur'an. Diantaranya adalah;

  • al-Kitab "Sesungguhnya Kami telah menurunkan al-Kitab kepada kalian,..." (al-Anbiya:10)
  • adz-Dzikru "Sesungguhnya Kami telah menurunkan adz-Dikra dan Kami akan selalu menjaganya" (al-Hijr:9)

Menurut pendapat Muhammad Daraz; penamaan al-Qur'an untuk mencerminkan sesuatu yang dibaca dengan lisan, disebut kitab karena menggambarkan pada sesuatu yang ditulis dengan qolam. Dua nama itu merupakan penamaan sesuatu dengan makna yang nyata ada padanya.

Sifat-Sifat al-Qur'an

Selain memiliki nama, al-Qur'an pun memiliki sifat-sifat. Dimana sifat-sifat itu disematkan langsung oleh Allah swt.

  • Nur yang berarti cahaya termaktub dalam ayat; "Wahai manusia, sesungguhnya telah datang petunjuk kepadamu dari Tuhanmu, dan Kami telah menurunkan bagimu Cahaya yang jelas" an-Nisa;174)
  • Hudan yang berarti petunjuk, Syifa yang berarti penawar, Rahmah yang berarti kasih sayang dan Mau'idloh yang berarti pepatah. semua itu ermaktub dalam ayat "Wahai manusia, telah datang pepatah dari tuhanmu, penawar untuk sesuatu yang ada didalam dada, petunjuk serta kasih sayang bagi orang-orang yang beriman" (Yunus:57)

Penamaan dan penyipatan al-Qur'an sebagai mana disebutkan diatas berdasarkan pada makna-makna yang disampaikan oleh al-Qur'an itu sendiri. Semkin banyak nama dan sifat yang ditujukan kepada al-Qur'an menjunjukan bahwa al-Qur'an ini adalah kitab yang paling mulia diantara kitab-kitab yang pernah diturunkan.


Dari tulisan diatas bisa dipahami bahwa al-Quran merupakan sumber dari berbagai pengetahuan yang bisa membawa manusia kearah kebaikan yang hakiki. Orang yang mau berpegang kepada al-Qur'an adalah orang yang dijanjikan akan mendapat petunjuk, kasih sayang serta derajat yang tinggi disisi Allah swt.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Al-Qur`an, Nama dan Sifatnya"