Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpakaian

Sebagaimana telah disinggung dalam tulisan yang lalu mengenai sopan santun dalam berpakaian, maka dalam tulisan ini akan di sampaikan hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpakaian. Dengan memahami apa saja yang harus diperhatikan supaya seseorang bisa tetap menjaga akhlak sopan santun dalam berpakaian

Apa yang akan disampaikan ini hanyalah berupa pemikiran secara pribadi yang mungkin bisa bersipat umum untuk kepentingan bersama. Disisi lain sebagai penjabaran pengamalan surat al-Ashr. Sehingga kita termasuk bagian dari orang-orang yang memahami bagaimana cara kita beradab sopan santun

Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam berpakaian

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpakaian adalah hal-hal yang berkaitan dengan; memilih pakaian, memakai dan melepas pakaian, pakaian yang wajar dan serasi, pakaian sederhana dan masih banyak hal yang lainnya sesuai dengan tuntutan ajaran Islam beserta kebiasaan yang menjadi adat disuatu wilayah.

1. Memilih pakaian

Memilih pakaian adalah hal pertama yang harus diperhatikan oleh seseorang sebelum berpakaian. Memperhatikan kepantasan dalam berpakaian akan membawa seseorang pada pemilihan yang tepat terkait pakaian seperti apa yang harus dia kenakan. Mungkin tips berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan pilihan pada saat akan mengenakan pakaian. Terutama pada waktu-waktu ada acara dan kesibukan lainnya.

  • Perthatikan mana pakaian yang pantas dan sesuai dengan Anda. 
  • Jangan sampai salah dalam memilih motif atau model untuk pria dan wanita. Ini didasarkan pada aturan dalam ajaran Islam bahwa "Allah melaknat laki-laki yang mengenakan pakaian wanita dan wanita yang mengenakan pakaian laki-laki" HR. Abu Daud dan Hakim. 
  • Jangan terbawa arus dengan meniru-niru pakaian dari seseorang atau suatu budaya yang bertentangan dengan ajaran Islam dan memang sebenarnya tidak patut untuk ditiru. Alasannya supaya tidak dianggap bagian dari mereka. Kecuali meniru dari orang-orang shaleh, karena mereka memang pantas untuk ditiru. Rosulullah bersabda "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk bagian dari mereka". HR. Abu Daud dan Ibnu Hibban

2. Memakai dan melepas pakaian


Memakai dan melepas pakaian merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh seseorang muslim, karena hal tersebut sangat erat hubungannya dengan akhlak yang terpancar dalam perbuatan yang sopan dan santun. Berikut ini petunjuk sederhana dari ajaran Islam supaya ketika memakai dan melepas pakaian berada dalam kesopanan dan kesantunan.

  • Ketika memulai memakai pakaian, maka bacalah basmallah dan membaca pujian kepada Allah SWT, seperti yang telah diajarkan oleh Rosulullah SAW. yaitu ;
الحَمدُ للهِ الذِي كَسَانِي هَذَا وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلاَ قُوَّةٍ
"Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan ini kepadaku dan menjadikannya sebagai rizki bagiku tanpa ada daya dan kekuatan dari diriku"


  • Ketika mengenakan pakaian mulailah dari anggota tubuh yang kanan dan ketika melepasnya dimulai dari bagian anggota tubuh sebelah kiri. Hal ini sebagaimana telah diajarkan oleh Rosulullah SAW bahwa: "Jika diantara kalian memakai sandal, maka mulailah dari yang kanan dan jika melepasnya, maka mulailah dari yang kiri. Jadikanlah yang pertama disendali itu bagian kanan dan paling akhir ketika dilepas" HR. Bukhori dan Muslim

3. Pakaian yang wajar dan serasi 


Memakai pakaian yang wajar dan serasi jelaslah sangat mempengaruhi keberadaan seseorang dilingkungan sosialnya. Kewajaran dan keserasian dalam pakaian merupakan bagian dari sopan santun yang harus dijaga ditengah-tengah kehidupan sosial. Kewajaran dalam berpakaian berarti jangan terlalu berlebihan atau pun terlalu seadanya. Dengan berlebihan maka kesan sombong akan terserminkan begitu pula sebaliknya dengan terlalu seadanya akan mengesankan sebagai manusia yang tidak memiliki kemauan atau terkesan menghinakan diri sendiri.

Sebenarnya masih banyak hal yang harus menjadi perhatian setiap orang dalam hal berpakaian. Dimana hal-hal itu untuk menjaga dan membangun kesopanan dan kesantunan sehingga mencerminkan pribadi yang memiliki akhlah atau lebih dari itu memberikan cerminan akhlakul kariemah.
Asep Rois
Asep Rois Informasi yang disampaikan dalam setiap postingan di blog ini memiliki kemungkinan untuk keliru dari yang sebenarnya. Sebaiknya lakukan koreksi sebelum mengambil isinya.

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang harus diperhatikan dalam berpakaian"